57 Pendamping Kampung Ikuti Pelatihan Inovasi Desa

Program Inovasi Desa

SAPA (BIAK) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua menggelar pelatihan untuk Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) bagi 57 tenaga pendamping desa dalam rangka meningkatkan partisipasi pembangunan kampung yang inovatif.

"Sejauh ini masih banyak kampung di Kabupaten Biak Numfor terbatas dalam mengakses jasa layanan teknis inovasi desa," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Biak, Setyo Budi MAP seusai membuka pelatihan inovasi desa di Hotel Mapia, Jumat (7/12).

Dia menilai, kegiatan ini sangat penting sebagai upaya pemerintah daerah mewujudkan pembangunan di daerah tertinggal.

Pelatihan invoasi desa ini diadakan, lanjut Setyo, untuk tujuan supaya setiap peserta dapat menerapkan serta memberikan inovasi pada potensi desanya masing-masing.

Setyo menyatakan, ada dua aspek komponen dalam program Inovasi Desa yaitu pengelolaan pertukaran pengetahuan dan inovasi desa yang meliputi kegiatan penyebarluasan praktik pembangunan sebagai penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD).

Sedangkan hal lain yang dapat manfaat dari kegiatan pengelolaan pengetahuan inovasi desa di antaranya bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM serta infrastruktur desa.

Setyo mengatakan peserta pelatihan inovasi desa yang sedang berlangung di KabupaTEN Biak Numfor dapat mengikuti pelatihan ini hingga selesai.

"Pelatihan TPID bagi pendamping setiap kampung sangat penting karena menjadi bekal bagi setiap tenaga pendamping desa untuk pembangunan desa,"katanya.

Pelatihan TPID inovasi desa diikuti 57 pendamping dari 19 distrik ddipusatkan di aula Mapia, Mampia Kabuten Biak Numfor. (Ant)

Tinggalkan Balasan