Pemkab Wondama Kucurkan Subsidi Transportasi Lau

Dua kapal penerima dana subsidi pemerintah Kabupaten Teluk Wondama.(Foto-Antara)

SAPA (WASIOR) - Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Teluk Wondama, Papua Barat, akan mengucurkan dana subsidi untuk memperlancar transportasi jalur laut dari Manokwari.

"Pemberian subsidi kapal ini dilaksanakan rutin sejak beberapa tahun terakhir. Untuk tahun anggaran 2019 Pemkab Wondama mengalokasikan Rp9,4 miliar dalam APBD," kata Ketua Fraksi Hanura Bersatu Hansemus Yomaki, Jumat (7/12).

Terdapat dua kapal penumpang yang disubsidi Pemkab Teluk Wondama yakni KM Margareth dan KM Ekspress Bahari yang melayani rute Wasior-Manokwari pulang pergi.

Hansemus menyarankan Pemkab Teluk Wondama sebaiknya membeli kapal sendiri. Selanjutnya, pengelolaan kapal diserahkan kepada Badan Usaha Mllik Daerah (BUMD).

Hal itu akan lebih baik karena selain dapat melayani masyarakat sudah tentu meningkatkan PAD bagi Kabupaten Teluk Wondama," katanya.

Sedangkan, Wakil Bupati Teluk Wondama, Paulus Indubri menyatakan, Pemkab tidak keberatan dengan usulan DPRD. Sebelum pembelian kapal dilakukan, diharapkan melakukan kajian secara komprehensif.

Untuk pengadaan kapal sejenis KM Express Bahari (kapal cepat) harganya sekitar 40 miliar sehingga harus dihitung secara cermat dan akurat bila akan dikelola BUMD,"katanya.

Kehadiran kapal penumpang di daerah tersebut sangat dibutuhkan, mengingat jalur laut menjadi satu-satunya akses mobilisasi massal masyarakat dari dan menuju Manokwari. Jalur darat Manokwari-Wondama sudah terbuka, namun sebagian besar ruas jalan belum teraspal.

"Pesawat untuk hanya kalangan tertentu yang memanfaatkan. Kalau Kapal seluruh kalangan bisa merasakan. Kita berdoa semoga jalur darat segera teraspal seluruhnya sehingga masyarakat mempunyai alternatif lain," kata Paulus. (Ant)

Tinggalkan Balasan