Penyaluran Dana Bangga di Paniai Sangat Bermanfaat

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Dana program Bangun Generasi dan Keluarga Sejahtera (Bangga) Papua tahun 2018 bagi calon penerima manfaat (anak usia empat tahun ke bawah) di kabupaten Paniai, sudah mulai dibayarkan pada, Jumat (14/12/2018) 

Sekertaris bersama (Sekber) program Bangga Papua Kabupaten Paniai, Eliaser Yogi, mengatakan, pembayaran dilakukan berdasarkan hasil keputusan dari Sekber Bangga Papua, Provinsi Papua dan pihak bank Papua.

“Kesepakatannya tanggal 13 mulai dibayarkan, maka berdasarkan itu hari ini kami bayarkan,” katanya kepada suarapapua.com, disela-sela kegiatan di kantor Bank Papua Cabang Enarotali, Paniai, Kamis (13/12/2018).

Menurutnya, pembayaran akan dilakukan secara bertahap, mulai Enarotali (13 distrik), Komopa (7 distrik), Bayabiru (1 distrik), Siriwo (1 distrik) dan Dumada (2 distrik).

“Kami pusatkan di bank Papua sini. Kalau sudah selesai, nanti kami lanjut lagi dengan titik pembayaran lainnya. Khusus untuk hari ini kami layani empat distrik, Paniai Timur, Wegemuka, Bibida dan Pugodagi, dengan jumlah calon penerima manfaat sebanyak 250 orang,” jelasnya.

Ia berharap, karena direncanakan semua pembayaran selesai tanggal 20, penerima manfaat diminta dapat menyesuaikan diri tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan pihaknya.

“Anak yang lahir tahun 2015-2017 dibayar utuh 2,4 juta rupiah, tetapi yang lahir dalam tahun 2018 akan dibayar sesuai bulan dimana anak itu lahir. Perhitungannya perbulan 200 ribu rupiah. Untuk itu saya harapkan kepada orang tua penerima manfaat gunakan dana sesuai kebutuhan anak, dan tidak untuk keperluan lain,” pungkas dia.

Ia juga menyampaikan terima kasih karena telah memilih kabupaten Paniai sebagai salah satu kabupaten percobaan bersama dua kabupaten lainnya, yakni Asmat dan Lanny Jaya.

Berto Gobai, koordinator tim titik pembayaran Enarotali, berharap hal yang sama. Karenanya pemerintah provinsi Papua diminta serius mengembangkan program tersebut di tahun 2019.

“Meski program ini baru tapi manfaatnya luar biasa, karena setiap ibu-ibu yang terima dana sampaikan ke kami program ini sangat membantu mereka. Maka saya harap bapak Gubernur Papua lebih serius melihat program ini,” harapnya.

Ibu Mince Gobai, salah satu penerima manfaat dari distrik Paniai Timur, setelah menerima dana mengaku senang karena dapat membeli kebutuhan anaknya yang baru berumur dua tahun lebih.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor : Elisa Sekenyap

Tinggalkan Balasan