Bongkar Muat di Pelabuhan Poumako Lambat Akibat Dermaga Rusak

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Yan S. Purba. (Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Yan S. Purba mengatakan bahwa keterlambatan proses bongkar muat kapal yang terjadi beberapa waktu terakhir, dikarenakan rusaknya dermaga di pelabuhan nusantara Poumako.

“Saat ini kapasitas dermaga yang dibangun tahap satu sangat pendek dan rusak, sehingga tidak bisa di fungsikan. Karena itu, hanya dermaga yang dibangun tahap dua yang bisa di fungsikan untuk melakukan bongkar muat,” ungkap Yan saat ditemui di Gedung DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih usai menghadiri pengesahan APBD tahun anggaran 2019, pada Jumat (14/12).

Yan mengaku, kerusakan yang terjadi di dermaga tergolong berat, dan Dishub sendiri telah mengonfirmasikan hal itu ke Kementerian Perhubungan yang membidangi laut, dan pihak Kementerian pun telah melakukan peninjauan.

Dengan demikian, saat ini Dishub menunggu langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Kementeian Perhubungan, mengingat perbaikan dermaga ditargetkan harus selesaikan sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020.

“Untuk pembangunan di pelabuhan Poumako, itu sudah diusulkan dan akan dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan,” ungkapnya.

Namun, menurut Yan, meski telah dilakukan peninjauan, pekerjaan terkendala dengan masalah pembebasan lahan yang saat ini masih di klaim oleh oknum masyarakat di wilayah itu.

Atas sengketa lahan yang terjadi, semuanya telah limpahkan ke Tim Pengawal, Pengamanan  Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari)  untuk bagaimana caranya bisa menyelesaikan seluruh sengketa lahan antara Pemkab Mimika dengan masyarakat, termasuk lahan di wilayah pelabuhan Poumako.

“Kita doakan supaya pembebasan lahan itu secepatnya diselesaikan. Begitu juga dengan perbaikan dermaga yang rusak, supaya bongkar muat tidak terhambat,” tuturnya. (Acik)

Tinggalkan Balasan