TNI Ajak Warga Laksanakan Patroli Patok Perbatasan

Patok perbatasan wilayah RI dengan Papua Nugini.(Foto-Mitrapol)

SAPA (JAYAPURA) - Prajurit TNI dari Yonif PR 328/DGH mengajak warga melaksanakan patroli patok perbatasan yang dipimpin Oleh perwira topografi (Patop) Letda Ctp Juhartanto.

"Patroli ini kami laksanakan pada Kamis (20/12) bersama tiga orang masyarakat setempat untuk membantu mengetahui jalan-jalan yang harus dilalui dan lokasi patok," kata Juhartanto ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Jumat (21/12).

Patroli patok perbatasan itu, kata dia, juga dalam rangka menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami laksanakan itu mulai dari pukul 07.00 WIT, dengan rombongan berangkat dari Pos Muara Tami menuju lokasi Patok MM.2," katanya.

Perjalanan menuju Patok MM.2, kata dia, memakan waktu 8 jam perjalanan dengan berjalan kaki.

Medannya cukup sulit dan harus melewati jalan setapak, sungai dan ketinggian bukit atau gunung.

"Setelah berjalan selama 8 Jam atau tepatnya pukul 16.00 WIT. Personel kami berhasil menemukan lokasi Patok MM.2 yang berada di Co 54M E 0500352 N 9703632," katanya. Setelah dilakukan pengecekan oleh personel, kata dia, kondisi plat besi yang ada di Patok MM.2 sudah hilang dan hal itu langsung dilaporkan kepada satuan atas.

"Patroli patok memang merupakan tugas pokok bagi Yonif PR 328/DGH yang bertugas sebagai satuan tugas pengamanan perbatasan atau satgas pamtas dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI," katanya. Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH, lanjut dia, mempunyai tanggung jawab patok mengamankan patok batas di enam lokasi dari MM.1 sampai dengan MM.3A.

"Patroli patok harus selalu dilakukan, karena sering kali dirusak sehingga sudah menjadi kewajiban bagi Satgas Pamtas untuk melaksanakan patroli patok secara berkala agar tidak terjadi pergerseran maupun pengrusakkan terhadap patok, sebagai penanda batas negara," katanya. (Ant)

Tinggalkan Balasan