Februari, Dinas PU Perbaiki Jalan Amblas di Samping Wali Kota

JAYAPURA (PT) – Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Sarru, MM mengatakan, jika perbaikan jalan amblas atau longsor di samping Kantor Wali Kota Jayapura akibat banjir beberapa waktu lalu, akan dilakukan awal Februari 2019.

“Pengerjaan kontruksi jalan longsor itu akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum pada awal Februari 2019,” kata Wawali Rustan Sarru, Jumat (11/1).

Bahkan, diakui Wawali Rustan Sarru, tim teknis Pemkot Jayapura telah melakukan perhitungan dengan menggunakan dua model design yakni design jangka pendek dan design jangka panjang.

Dikatakan, untuk pengerjaan konstruksi dalam jangka pendek pihaknya melakukan penanganan darurat sementara, dengan membangun dan memperkuat daerah area tebing dengan menggunakan bronjong perkuatan turap.

“Targetnya dalam jangka pendek di perkirakan 2-3 bulan baru selesai,” jelasnya.

Lebih lanjut, untuk design permanen jangka panjang, pihaknya mengerjakan dengan penanganan dua konstruksi Sheet Pile secara berlapis agar permanen, jalan kembali seperti semula dan suatu ketika banjir, jalan tidak longsor.

“Biaya konstruksi jalan diperkirakan dibawah Rp 500 juta lebih efektif dan efesien,”ujarnya.

Rustan berharap dalam minggu ini, tim teknis dari Dinas Pekerjaan Umum telah selesai membuat design konstruksi jalan tersebut.

“Pihak ketiga di awal Februari mulai kerjakan kerusakan jalan amblas di samping Kantor Wali Kota itu,” katanya.

Rustan mengakui, jalan amblas akibat longsor disebabkan karena kesalahan teknis dari bocornya drenase yang menghantam badan jalan.

Wawali Rustan Saru memastikan, setelah perbaikan jalan ini meskipun hujan lagi, jalan tersebut tetap stabil, tidak akan longsor lagi oleh sebab pembuangan air dipindahkan ke tempat lain. (ket/rm)

Tinggalkan Balasan