Hotel di Jayapura Belum Ramah bagi Penyandang Disabilitas

JAYAPURA (PT) – Provinsi Papua akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020.

Sayangnya, salah satu kendala yang akan dihadapi oleh Papua adalah fasilitas hotel di Jayapura bagi penyandang disabilitas.

Asisten Hotel Manager @Hom Premiere Abepura, Yorim Allo Sarira, mengakui jika, Hotel @Hom Premiere Abepura belum ada fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas.

“Jika kursi roda ada, tapi jika kamar dan toiled sesuai standar bagi kaum difabel, mungkin saja tidak semua hotel di Jayapura memiliki fasilitas yang ramah bagi kaum difabel. Saya pikir bukan saja kami, semua hotel sama, karena selama ini juga kita belum mendapat informasi terkait fasilitas difabel itu,” kata Yorim Allo di sela-sela media gathering, Kamis (10/1).

Namun, katanya, informasi itu, akan disampaikan kepada pimpinannya, agar dengan waktu satu tahun ke depan, pihaknya bisa menyediakan fasilitas yang mudah diakses oleh kaum difabel.

Sebelumnya, Ketua National Paralympic Commite (NPC) Papua H. Jaya Kusuma, mengakui fasilitas umum bagi penyandang difabel di wilayah Jayapura dan sekitarnya masih sangat minim.

Ia mengatakan, venue dengan fasilitas difabel yang ada di Jayapura hanya stadion Papua Bangkit, karena fasilitas sudah ramah untuk atlet dan penonton difabel.

Sementara hotel dan venue lainnya belum dilengkapi fasilitas difabel yang memadai.

Jaya Kusuma mengaku, hotel juga harus ramah bagi kaum disabilitas.

“Ada standardisasinya kamar dan toiled untuk difabel, saya melihat di Jayapura masih sangat kurang. Selain itu, juga ruang public bagi penyandang disabilitas,” imbuhnya. (lam/rm)

Tinggalkan Balasan