Inspektorat Kota Jayapura Genjot APIP Capai Level 3

JAYAPURA (PT) – Kepala Inspektorat Kota Jayapura, Ahmad idrus mengatakan, saat ini aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) Inspektorat berusaha menggenjot untuk mencapai level 3 di lingkungan Pemkot Jayapura.

Dikatakan, jika APIP Inspektorat Kota Jayapura telah mencapai level 2 dan sudah dinilai oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua

“Ini sesuai harapan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano bahwa APIP dari level 2 ke level 3,” kata Ahmad Idrus, usai pelantikan pejabat fungisonal Inspektorat di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (11/1).

Diakui, secara Quality Assurance (QA) dari BPKP Provinsi Papua sudah mencapai level 3 dan masih menunggu evaluasi dari BPKP pusat.

Dikatakan, untuk mencapai level 3 harus memenuhi penilaian 6 kriteria yakni kesiapan auditor, baik tugas-tugas yang berjenjang, harus ada telahan sejawat.

Untuk telahan sejawat ini, Inspektorat Kota Jayapura diharuskan ke pemda yang sudah level 3.

“Fungsi telahan sejawat ini untuk melihat tugas-tugas pengawasan di sini nantinya kita ke Balikpapan yang sudah capai level 3 itu,” katanya.

Ahmad Idrus menambahkan, adanya kapasitas sarana dan prasana untuk menunjang 59 tenaga auditor di Pemkot Jayapura, dimana 32 orang sudah memiliki sertifikasi auditor, baik jabatan fungsional auditor untuk pengawasan keuangan sebanyak 8 orang dan pengawasan pemerintahan terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) sebanyak 4 orang.

“Sekitar 17 orang rekruitmen yang masih fresh, anak-anak yang baru tamatan sarjana akuntansi dan sarjana hukum,” katanya.

Ahmad berharap Pemkot Jayapura dalam perekrutan pegawai nanti dapat menutupi kekurangan auditor, sebab dari Inspektorat Kota menargetkan memiliki 59 auditor.(ket/rm)

Tinggalkan Balasan