Pemprov Papua Instruksikan ASN Ikut Program Talent Pool

ASN Pemprov Papua saat mengikuti apel pagi di Main Hall Kantor Gubernur, Jayapura.  (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menginstruksikan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya untuk mengikuti penilaian potensi dan kompetensi (Talent Pool) dalam rangka pendekatan pelayanan kepegawaian bagi masyarakat.

Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua Elysa Auri di Jayapura, Senin (11/2), mengatakan untuk itu pihaknya meminta perhatian kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menugaskan pejabat eselon IV yang membidangi kepegawaian untuk mengikuti sosialisasi penilaian potensi dan kompetensi ASN tersebut.

"Kami memiliki komitmen untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian dan pengembangan SDM terhadap seluruh ASN di lingkungan Pemprov Papua, sehingga dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik," katanya.

Menurut Elysa, "talent pool" ini akan dimanfaatkan untuk memetakan pejabat pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya.

"Atau sebagai bahan rekomendasi guna mengikuti seleksi pada jabatan yang lebih tinggi untuk sistem kaderisasi penempatan calon pejabat di daerah dengan prinsip objektif, akuntabel, dan independen serta berbasis sistem merit," ujarnya.

Dia menjelaskan melalui hasil dari kegiatan ini, nantinya peserta dapat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan karirnya.
"Database Talent Pool ini dapat digunakan sebagai dasar penerapan manajemen ASN yang transparan, kompetitif, dan berbasis merit serta menjadi acuan untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan guna perubahan birokrasi kearah yang lebih baik," katanya.

Dia menambahkan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk sosialisasi penilaian potensi serta kompetensi ini akan dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua pada 13-14 Februari 2019 pukul 08.00 WIT hingga selesai.
(Antara)

Tinggalkan Balasan