Pemkab Jayawijaya Pastikan Dua BTS Palapa Ring Sudah Rampung

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya Isak Sawaki.(Foto-Antara)

SAPA (WAMENA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua memastikan dua dari tiga tower base transmision sistem (BTS) untuk mendukung program Palapa Ring, sudah rampung dikerjakan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya Isak Sawaki di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu (20/2), mengatakan satu BTS C5 yang berada di Distrik Kurulu memang belum dibangun karena masalah hak ulayat.

"Dua sudah terbangun, tinggal satu BTS yang belum terbangun karena masalah hak ulayat," katanya.

Terkait satu BTS yang belum dibangun, Diskominfo masih menunggu Kepala Distrik Kurulu untuk memediasi pertemuan antara warganya yang merasa berhak atas lokasi pembangunan menara BTS.

Isak mengatakan sebelumnya rekanan yang hendak membangun tower, sudah bertemu dengan pihak yang mengaku sebagai pemilik ulayat, dan sudah diberikan biaya pembebasan lahan, tetapi kemudian muncul pihak lain yang mengaku sebagai pemilik ulayat.

"Saat mau melaksanakan pembangunan, ada lagi pihak lain yang mengaku itu tanah ulayatnya, sehingga terjadi pro kontra dan merasa keberatan, sehingga sampai sekarang masalah belum diselesaikan," katanya.

Ia mengatakan jalur palapa ring timur mulai dari Kabupaten Asmat ke Boven Digoel, Yahukumo, Nduga dan Kabupaten Jayawijaya serta terhubung ke Kabupaten Yalimo, Memberamo Tengah, Lanny Jaya, Puncak dan Puncak Jaya.

"Kalau di Kabupaten Nduga sudah dibangun BTS dan satu titik di Jayawijaya sudah terbangun, maka koneksi sudah bisa dilakukan," katanya. (Antara)

Tinggalkan Balasan