PON 2020 diharapkan jadi ajang unjuk bakat seniman Papua

Band Manico group saat tampil di lapangan Trikota Abepura – Jubi/Agus Pabika

Papua No. 1 News Portal | Jubi

 Jayapura, Jubi – Penyelenggaraan PON 2020 di Papua diharapkan menjadi ajang unjuk bakat seniman asli Papua. Thedy Pekey, pengurus Komunitas Rasta Kribo (KORK) Papua berharap, Pemerintah bisa memfasilitasi para seniman untuk tampil dalam ajang pesta olahraga empat tahunan ini.

“Saya harap kepada pemerintah selaku penyelengara PON bisa memberdayakan para seniman Papua, tidak perlu lagi kita datangkan artis-artis dari luar Papua. Kami rasa di Papua kemampuan seniman Papua sangat luar biasa, tidak jauh beda,” kata Thedy.

Selama ini, kata Thedy keterlibatan seniman asal Papua dalam berbagai kegiatan masih sangat terbatas. Ruang yang disediakan pemerintah untuk para seniman berkarya juga belum banyak mendapatkan perhatian. Ia berharap Pemerintah bisa memberi ruang kepada seniman Papua untuk membuktikan bahwa generasi Papua juga mampu menghasilkan karya yang tak kalah dengan seniman luar.

“Saya harap kedepan untuk PON 2020, yang hanya berselang satu tahun ini untuk pemerintah provinsi di bawah kewenangan gubernur dan ketua PON bisa konsisten terkait apa yang sudah diputuskan dalam rapat PON bahwa PON besok ini diisi oleh seniman Papua,” kata Thedy.

Sementara itu Bonny Lani musisi asal pegunungan tengah Papua juga berharap PON 2020 menjadi momen tepat oleh seniman dan musisi di Papua untuk menampilkan yang terbaik kepada penonton.

“Ini momen yang pas untuk seniman Papua bangkit dan tampil di atas tanahnya sendiri, karena kita ketahui bersama darah seniman sudah mengalir bersama anak-anak Papua dan mereka sudah belajar secara ototidak seperti Arnold Ap, Mambesak, Black Braders dan musisi ternama lainnya yang pernah harumkan nama di tingkat nasional maupun internasional. (*)

 

Editor       : Edho Sinaga

The post PON 2020 diharapkan jadi ajang unjuk bakat seniman Papua appeared first on JUBI.

Tinggalkan Balasan