Wakil Bupati Deiyai Termuda di Papua

JAYAPURA (PT) – Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Deiyai periode 2019-2024, Ateng Edowai SPd.K–Hengky Pigai SPT dilantik Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH di Gedung Negara Dok V Jayapura, Rabu (20/2).

Pelantikan itu, disaksikan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah provinsi, Kabupaten Deiyai, Bupati Puncak, Yalimo, Biak, Asmat dan Puncak Jaya.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam arahannya mengatakan bahwa, wakilWBupati Deiyai masih muda.

“Ini wakil bupati Hengky Pigai seumuran anak saya, umurnya masih 28 tahun,” kata Gubernur.

Menurutnya, Hengky Pigai akan tercatat sebagai wakil bupati termuda di Provinsi Papua, yakni berusia 28 tahun.

“Ya, ini Wakil Bupati termuda di Papua,” ujarnya.

Diketahui, Pilkada beberapa tahun lalu, banyak melahirkan kepala daerah dengan usia muda. Dan berikut ini adalah kepala daerah termuda di Indonesia, yakni Dr. KH TGH Muhammad Zainul Majdi, MA atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat 2 periode, masa jabatan 2008-2013 dan 2013-2018.

Pada saat dilantik sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 17 September 2008, usianya 36 tahun.

Muhammad Ridho Ficardo, SPi, MSi adalah Gubernur Lampung yang menjabat pada periode 2014-2019. Ia bersama wakilnya Bachtiar Basri dilantik pada 2 Juni 2014 di gedung DPRD Lampung.

Ia merupakan Gubernur termuda saat dilantik yang dipilih oleh rakyat, ia dilantik pada usia 33 tahun.

Zumi Zola Zulkifli dilantik menjadi Gubernur Provinsi Jambi periode 2016–2021 berpasangan dengan Fachrori Umar.

Putra Asli Jambi kelahiran 31 Maret 1980 di Desa Tempino Kabupaten Muaro Jambi ini diberi kepercayaan oleh rakyat Provinsi Jambi untuk memimpin Jambi lima tahun ke depan.

Rekor kepala daerah termuda di Indonesia jatuh pada Bupati Bangkalan, Jawa Timur, Mohammad Makmun Ibnu Fuad.

Dia dilantik sebagai bupati oleh Gubernur Jatim, Soekarwo, di usianya yang masih 26 tahun.

Mardani H. Maming, yang biasa dipanggil Mardani, adalah Bupati Kabupaten Tanah Bumbu masa jabatan 2010-2015 yang lahir di Batulicin, 17 September 1981.

Pasangan Mardani H Maming-Difriadi Darjat (DD) resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu periode 2010-2015.

Yopie Arianto, dilantik menjadi Bupati Indragiri Hulu pada 3 Agustus 2010.

Saat itu umurnya baru menginjak 30 tahun. Muhammad Syahrial menjadi pusat perhatian karena menjadi kepala daerah termuda di Indonesia. Dia dilantik sebagai wali kota Tanjung Balai, Sumatera Utara, di usia 26 tahun.

Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai wabup termuda di Indonesia.

Dia memimpin warga Trenggalek dalam usia 25 tahun. (lam/rm)

Tinggalkan Balasan