KPU Yahukimo Siap Sukseskan Pemilu 2019

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo menyatakan komitmennya untuk sukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Kabupaten Yahukimo.

Hal ini diungkapkan pada saat acara pembukaan kampanye terbuka dan deklarasi siap kalah dan siap menang, Rabu (27/3/2019) di aula Pendidikan Dekai, Yahukimo.

Andreas Silak, komisioner KPU divisi Data mengatakan, kegiatan kampanye terbuka dan deklarasi siap kalah dan siap menang berlangsung dengan baik karena mendapat dukungan dari semua pihak yang ada di Kabupaten Yahukimo.

Dengan kegiatan ini, kata dia, setiap partai politik (parpol) bisa melaksanakan kegiatan kampanye hingga tanggal 13 April 2019.

“Mulai sekarang setelah pembukaan kampanye terbuka, setiap partai politik bisa melaksanakan kegiatan kampanye. Kampanye ini akan berakhir tanggal 13 April mendatang,” kata Silak.

Silak menjelaskan, kegiatan kampanye terbuka dan deklarasi ini hasil kesepakatan antara KPU dan Bawaslu. Selain itu, ia juga sangat mengapresiasi pihak keamanan khususnya Polres Yahukimo dan Koramil Yahukimo yang selalu mengawasli setiap kegiatan dan memberikan masukan yang baik, sehingga semua tahapan bisa dilaksanakan dengan aman dan terkendali.

Pemilihan umum tahun 2019 dan tahun sebelumnya, menurut Silak, sangat berbeda. Sebab, kata dia, pemilihan tahun ini serentak, sehingga kerja pihaknya akan berat. Tetapi, setiap ada pertemuan, pihaknya selalu memberikan bimbingan teknis kepada PPD.

“Setiap PPD masing-masing distrik selanjutnya akan mensosialisasikan kepada masyarakat yang berada di 51 distrik,” ujarnya.

Dari 51 distrik, lanjut dia, sistem pemilihan di 49 distrik akan dilakukan dengan sistem noken dan 2 distrik lainnya menggunakan sistem nasional. Untuk itu, KPU berharap kepada Bawaslu selaku pengawas Pemilu dan pihak keamanan agar bisa menjaga dan mengawasi jalannya tahapan Pemilu tahun ini.

Selain itu, KPU juga menegaskan agar tidak ada mobilisasi massa di dua distrik yang akan melakukan pemilihan dengan sistem nasional.

Di tempat yang sama, Kapolres Yahukimo, AKBP Angling Guntoro mengatakan, pihaknya sudah siapkan 350 personil untuk pengamanan Pemilu di Kabupaten Yahukimo.

Kapolres mengaku pengamanan ini sudah berjalan dari seluruh tahapan yang diselenggarakan KPU. Selain itu, pihaknya juga tetap menjaga pengamanan di setiap tempat seperti kantor KPU, Bawaslu, dan tempat-tempat pelipatan surat suara.

“Kami sudah menambahkan beberapa personil dari Polda Papua karena Pemilu tahun ini ada penambahan TPS, sehingga kami juga menambahkan anggota pengamanan,” kata Kapolres.

Kapolres juga mengapresiasi KPU yang sudah bekerja keras, sehingga tahapan demi tahapan bisa berjalan dan jadwal bisa dibagikan ke semua pihak.

“Kami mengajak tokoh masyarakat, tokoh gereja, tokoh adat dan pejabat pemerintah supaya sama-sama menjaga situasi Kamtibmas selama pelaksanaan Pemilu 2019 bisa berjalan aman, damai dan terkendali,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, setiap pimpinan partai politik dari 16 parpol mengambil janji sumpah siap menang dan siap kalah.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Markus You

Tinggalkan Balasan