Kemenag RI Bantu ASN Korban Banjir Bandang Jayapura

Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI H. Syafrizal menyerahkan bantuan yang diterima secara simbolis oleh Pdt.Amsal Yowei.(Foto-Wartaplus)

SAPA (JAYAPURA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI memberikan bantuan bagi pegawai dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta lembaga keagamaan yang menjadi korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI H. Syafrizal, di Jayapura, Rabu (3/4), mengatakan bantuan tersebut merupakan pemberian dari seluruh ASN Kemenag se-Indonesia yang dikumpulkan bagi korban bencana, di mana sebagian dana ini juga merupakan sisa anggaran ketika terjadinya bencana di NTB dan Palu.

"Bantuan tersebut nantinya akan diberikan bagi 60 ASN dan 22 non ASN Kemenag yang terdampak bencana, di mana masing-masing menerima bantuan Rp 2,5 juta dan Rp 1,5 juta, juga diperuntukan untuk lembaga seperti masjid, gereja serta lembaga pendidikan yang mengalami kerusakan ringan hingga berat," katanya.

Menurut Syafrizal, untuk kerusakan berat akan diberikan bantuan sebesar Rp 100 juta dan Rp 50 juta untuk lembaga pendidikan, sementara, kerusakan ringan akan diberikan bantuan sebesar Rp 30 juta.

"Ada gereja, vihara dan masjid yang mengalami kerusakan ringan itu kami bantu, jadi besaran bantuan yang diberikan ini hasil perundingan dengan Kakanwil Kemenag Papua dan para kabid setempat," ujarnya.

Dia menjelaskan terkait mekanisme penyaluran bantuan, akan serahkan langsung bagi para ASN dan non ASN, sementara lembaga keagamaan akan melalui proposal dan dikawal oleh para Kabid Kemenag Papua.

"Setelah bantuan disalurkan ke rekening penampung di Kemenag Papua, Kakanwil selanjutnya akan menyerahkan ke masing-masing lembaga, nanti akan diperiksa juga oleh Irjen Kemenag RI untuk memastikan bantuan disalurkan tepat sasaran," katanya.

Bantuan tali asih tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementrian Agama RI H. Syafrizal kepada Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei di Aula Kantor Kemenag Papua, Kota Jayapura. (Antara)

Tinggalkan Balasan