Hukum kriminal PNG perlu diperketat

Chief Magistrate PNG Hakim Nerrie Eliakim. – Post-Courier

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Chief Magistrate PNG, Hakim Nerrie Eliakim, mengungkapkan keprihatinannya atas hukuman pidana yang diatur oleh UU di PNG saat ini yang, menurutnya, tidak efektif dalam mencegah tindak kriminal.

Eliakim berkata pekan lalu, banyak hukum-hukum pidana lokal yang tidak memiliki dampak yang berarti, dalam mencegah maraknya pelanggaran kriminal di seluruh negeri. Eliakim tidak sendirian dalam pandangannya ini, pendapat yang sama juga diutarakan mantan komandan polisi pusat, Laimo Asi, dan atase di Badan Narkoba Nasional PNG, National Drug Squad, Sirike Zisome, pada 2017.

Kedua pria itu sebelumnya pernah meminta intervensi legislatif, untuk menaikkan hukuman bagi kejahatan narkotika dan obat-obat terlarang, untuk melawan penyebaran ganja dan narkoba ilegal lainnya ke kota Port Moresby (pelanggaran terkait penggunaan narkoba diberikan hukuman maksimal dua tahun penjara, sedangkan penyulingan minuman lokal hanya didenda maksimum 5.000 Kina tanpa dipenjara).

Sentimen yang serupa dilaporkan dalam studi komite reformasi hukum, Constitutional and Law Reform Committee, pada 2018. Laporan tersebut menemukan setidaknya 370 UU PNG dianggap ketinggalan zaman, dan tidak sesuai dengan era modern.

Hakim Eliakim menerangkan dia dan hakim-hakim lainnya di seluruh negeri, khawatir melihat seringnya kasus yang serupa muncul berulang kali dalam waktu satu minggu, dan hukuman yang diberikan tampaknya tidak berpengaruh.

“Kita benar-benar perlu seorang pakar untuk melakukan penilaian akan persoalan ini, dan apakah hukuman yang berlaku masih memiliki efek jera pada masyarakat atau tidak. Jika tidak, maka kita perlu kembali mengkaji bagaimana kita memutuskan hukuman,” tuturnya.

“Atau kita mungkin harus mengkaji kembali hukum yang berlaku. Apakah diperlukan amendemen atas UU ini untuk menaikkan hukuman pidana? Itu adalah pertanyaan bagi para legislator dan juga bagi kita.” (Post Courier/Michael Arnold)

 


Editor: Kristianto Galuwo

The post Hukum kriminal PNG perlu diperketat appeared first on JUBI.

Tinggalkan Balasan