Pembeli dan pedagang di Pasar Pharaa belum sadar soal sampah

Sampah yang menumpuk di Pasar Pharaa Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jayapura, Yos Levi Yoku, mengatakan kesadaran dari masyarakat terkait sampah, terutama para pembeli dan pedagang  di Pasar Pharaa Sentani masih minim.

Hal ini berujung sampah di Pasar Pharaa yang setiap hari terus menumpuk hingga di samping tempat jualan para pedagang.

“Sudah tahu ada tumpukan sampah, masih saja buka jualan dekat dengan tumpukan sampah tersebut,” ujar Yos Yoku, saat ditemui di Pasar Pharaa Sentani, Kamis (13/6/2019).

Dikatakan, tumpukan-tumpukan sampah ini bukti dari minimnya kesadaran mereka. Petugas kita selalu siap untuk membersihkan, tetapi itu bukan tujuan pasar ini didirikan.

“Beberapa waktu lalu memang ada waktu libur panjang, petugas kita juga meliburkan diri mereka sehingga memang sampai hari ini setelah masuk kerja dua hari lalu, petugas terus membersihkan sampah,” jelasnya.

Sementara itu, Lukman, sopir truk pengangkut sampah, mengaku sejak masuk kerja dua hari lalu, tumpukan sampah di pasar ini terus dibersihkan.

“Sudah tiga hari ini, dari pagi sampai sore kita bersihkan sampah di area pasar. Baik di halaman maupun di dalam gedung tempat berjualan. Pedagang masih saja menumpuk sampah di dalam, padahal tempat tersebut akan digunakan untuk menaruh barang jualan mereka,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

The post Pembeli dan pedagang di Pasar Pharaa belum sadar soal sampah appeared first on JUBI.

Tinggalkan Balasan