Air danau surut, transportasi di Dermaga Yahim normal kembali

Aktivitas transportasi di Dermaga Yahim Danau Sentani mulai normal kembali – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Dampak bencana banjir bandang pada Maret lalu, mengakibatkan naiknya air permukaan Danau Sentani sehingga menenggelamkan ratusan rumah warga yang tinggal di tepian danau terbesar di Papua ini, termasuk aktivitas perekonomian di Dermaga Yahim Kelurahan Dobonsolo Distrik Sentani.

Yonece, salah satu pedagang makanan khas Papua yang setiap hari berjualan di Dermaga Yahim, mengaku sangat senang dengan kondisi surutnya air Danau Sentani, sehingga aktivitas yang terhenti kurang lebih dua bulan dapat berjalan kembali.

Dijelaskan, selama dua bulan bercengkrama dengan air pasang dan kondisi rumah panggung di pinggir danau, tentu membutuhkan banyak bantuan fasilitas pendukung, termasuk uang simpanan yang biasa dipakai sebagai modal harus habis untuk kepentingan keluarga.

“Dua bulan kami sibuk dengan kondisi rumah yang terendam, barang-barang berharga yang hanyut, tetapi degan kondisi turunnya air danau bertanda aktivitas kehidupan kami akan berjalan kembali,” ujar Yonece, yang ditemui di Dermaga Yahim, Jumat (14/6/2019).

Hal senada juga disampaikan Albert, seorang motoris speedboat yang setiap hari mengantar jemput penumpang dari Kampung Baborongko menuju Dermaga Yahim dan sebaliknya. Selama air pasang, aktivitas tersebut hampir tidak dilakukan karena harus menolong keluarga dan kerabat yang rumahnya terendam air.

“Adakalanya kami tidur di speedboat. Cukup lama juga menunggu untuk turunnya air danau. Tetapi saat ini kami bersyukur karena aktivitas sebagai motoris bisa kembali berjalan seperti biasa,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

The post Air danau surut, transportasi di Dermaga Yahim normal kembali appeared first on JUBI.

Tinggalkan Balasan