Dinkes Papua Harap RS Pratama Layani Kesehatan Masyarakat

SAPA (JAYAPURA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua berharap Rumah Sakit (RS) Pratama di Kabupaten Dogiyai dapat membantu pelayanan kesehatan warga setempat yang sebelumnya sulit mengakses pelayanan kesehatan

Kepala Dinkes Provinsi Papua, Aloysius Giyai di Jayapura, Sabtu (15/6), berharap berdirinya rumah sakit tersebut dapat membantu masyarakat yang ada di Dogiyai dan Mapiha yang cukup jauh dari ibu kota kabupaten.

Lantaran, lanjutnya Dogiyai hanya memiliki beberapa Puskemas, salah satunya di Moanemani sehingga pasien selalu dirujuk ke RSUD Paniai.

"Jika ada warga yang sakit harus menempuh sekitar empat jam dari sini. Padahal idealnya dibawa ke Ekimani," katanya.

Menurut mantan Direktur RSUD Abepura ini, RS Pratama merupakan salah satu program dalam rangka peningkatan akses pelayanan kesehatan rujukan, utamanya bagi masyarakat tidak mampu.

"Kita tidak bisa tunggu RS rampung 100 persen baru beroperasi, nanti akan jadi gudang tikus," ujarnya.

Aloysius mengajak petugas kesehatan di daerah itu mulai melayani warga sambil melengkapi fasilitas yang masih kurang.

"Petugas kesehatan harus memulai pelayanan kesehatan di rumah sakit ini, sambil melengkapi kekurangan yang ada," katanya.

Pada Rabu (29/5) Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa didampingi Kepala Dinkes Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Pratama Kabupaten Dogiyai. (Antara)

Tinggalkan Balasan