Dinkes Mimika Akan Bangun Rumah Dengan Fasilitas Pendukung Untuk Petugas Kesehatan di Pedalaman


Reynold Urba
SAPA (TIMIKA) -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, menilai banyak petugas kesehatan di daerah pedalaman  tidak maksimal dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat karena kurangnya fasilitas tempat tinggal.

Mengatasi hal tersebut,  Dinkes Mimika berupaya untuk membangun rumah bagi petugas kesehatan di pedalaman.

"Pada tahun ini (2019)  Dinkes mulai membangun rumah petugas di Potaiburu, Wakia,  Amar,  Ipaya dan Kokonao, " ungkap Sekretaris Dinkes Mimika,  Reynold Ubra, pada Senin (17/6) .

Menurut Reynold, ditargetkan pada tahun 2021 semua fasilitas kesehatan dan fasilitas untuk petugas (rumah) dari pantai ke gunung sudah dibangun semuanya

"Perumahan petugas kesehatan yang akan dibangun  itu sekaligus satu paket,  rumah petugas yang dilengkapi dengan generator dan radionya.  Bangunan  tersebut bersumber langsung dari APBD dengan nilai Rp 10 Miliar, " ujarnya.

Setelah semuanya dibangun, kata Rey yang menjadi isu untuk siap dikembangkan adalah  akreditasi puskesmas dan jaringannya.

"Pada akhir tahun 2019  setidaknya ada 18 puskesmas yang terakreditasi. Kenapa harus akreditasi,  karena dengan akreditasi ujungnya akan punya tenaga kesehatan yang berkompeten dan pelayanan yang prima, pelayanan lebih baik,  itu yang kita harapkan, " ujarnya.  (Jefri Manehat)

Tinggalkan Balasan