Pemkab Jayapura hanya urus korban sesuai data di lapangan

Penanganan kesehatan para korban di posko induk Gunung Merah, beberapa waktu lalu – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura akan mengurus para korban yang terdampak langsung dan akan dipulangkan ke daerah masing-masing ke daerah pegunungan.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan proses pemulangan korban bencana dilakukan sesuai data yang telah diperoleh oleh tim penanggulangan bencana yang telah mendata pada belasan posko yang masih aktif hingga saat ini.

Dikatakan, pemerintah terus melakukan koordinasi terkait hal ini dengan pihak gereja, dalam hal ini Pdt. David Silak, yang sedang mengurus kepulangan para korban bencana di daerah ini.

“Tim yang bekerja sudah mengumpulkan data, tinggal koordinasi bagaimana untuk kepulangan ke daerah masing-masing,” ujar Bupati Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Senin (17/6/2019).

Dijelaskan Bupati Awoitauw, yang akan dipulangkan ke daerah masing-masing adalah mereka yang benar-benar kehilangan rumah, yang terdampak langsung dari bencana banjir bandang 16 Maret lalu.

“Kita tidak mengurus orang yang di luar data yang sudah ada atau yang sama sekali tidak terdampak,” jelasnya.

Sementara itu, Boaz Enok, tokoh adat di daerah ini, mengatakan proses-proses seperti ini butuh kerja yang serius dan saling koordinasi dengan baik, sehingga tidak ada lagi pihak-pihak yang dirugikan.

“Kita apresiasi langkah pemerintah terkait hal ini, tetapi butuh kerja sama dan koordinasi yang baik dengan semua pihak,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

The post Pemkab Jayapura hanya urus korban sesuai data di lapangan appeared first on JUBI.

Tinggalkan Balasan