Pimpinan masyarakat adat harus kembali ke kampung

Luapan air Danau Sentani di Kampung Yoboi – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan semua pimpinan dan tokoh masyarakat adat harus kembali ke kampung untuk melihat kondisi kampung dan masyarakatnya.

Dikatakan, kondisi daerah ini harusnya dicermati dengan baik oleh semua komponen masyarakat, termasuk masyarakat adat yang kampung-kampungnya terdampak luapan air Danau Sentani.

“Pemerintah sudah menganggarkan dana untuk setiap kampung melalui alokasi dana kampung dan itu cukup besar digunakan guna mendukung upaya pembangunan kampung masing-masing,” jelas Bupati Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Senin (17/6/2019).

Bupati Jayapura juga mengimbau agar masyarakat adat turut serta dalam proses penanganan korban bencana yang sedang dilaksanakan hingga saat ini.

“Soal bencana yang terjadi saat ini, masyarakat adat juga ada bersama-sama dengan pemerintah dalam setiap rapat koordinasi. Oleh sebab itu jangan jadi provokator kepada yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Jayapura, Nelson Yosua Ondi,  mengatakan kondisi daerah ini sedang dalam upaya pemulihan oleh pemerintah daerah, sehingga semua pihak wajib memberikan dukungan terhadap apa yang sedang dikerjakan oleh pemerintah.

“Tidak mudah untuk menangani persoalan yang sedang dialami oleh ribuan orang di daerah ini, termasuk masyarakat adat di dalamnya. Oleh sebab itu sebagai warga yang baik maka dukungan dari semua masyarakat harus diberikan juga kepada pemerintah daerah,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

The post Pimpinan masyarakat adat harus kembali ke kampung appeared first on JUBI.

Tinggalkan Balasan