DPRD Ajak Masyarakat Mimika Tidak Menolak Imunisasi Polio Untuk Anak

Yohanis Kibak (SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - DPRD Mimika mengajak agar masyarakat yang merupakan orang tua di Mimika tidak menolak pelaksanaan imunisasi polio bagi anak-anaknya. 

Ketua Komisi C, Yohanis Kibak mengatakan setiap orang tua tidak boleh menolak petugas kesehatan yang hendak memberikan polio kepada anak karena itu bertujuan untuk menyelamatkan masyarakat.

"Kenapa tidak mau diimunisasi? Itu tugas Dinas Kesehatan untuk jalankan program pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat. Saya harap tidak ada satupun yang menolak karena itu untuk kebaikan," katanya di Kantor DPRD, Kamis (18/7).

Fenomena penolakan pemberian polio ini menurut dia, dikarenakan masyarakat belum mengerti dan adanya kebiasaan takut jika melalui suatu pemeriksaan kesehatan maka akan terdeteksi juga penyakit lainnya. Padahal, jika diberikan pemahaman manfaat dari pelaksanaan polio maka secara perlahan akan diikuti masyarakat.

"Kebanyakan masyarakat ini takut kalau penyakit mereka diketahui. Biasanya akhir-akhir baru sadar kalau ternyata polio ini untuk kekebalan tubuh anak," tuturnya.

Karena itu ia mengharapkan agar Dinkes Mimika terus gencar memberikan pemahaman terkait tujuan imunisasi polio.

Sedangkan terkait dengan persoalan target pelaksanaan menurut dia, pencapaian target pelaksanaan imunisasi polio itu tergantung dari Dinkes. Dalam artian, jika Dinkes ingin selesai sebelum waktu yang ditentukan maka harus lebih gencar bertindak agar penanganan kesehatan di Mimika bisa berubah dan meningkat baik dari tahun ke tahunnya. (Acik)

Tinggalkan Balasan