Darah 72 Kantong Hanya Untuk Satu Minggu

Elisabet Rahangiar. (Foto: Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Jumlah kantong darah yang tersimpan di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Kabupaten Mimika saat ini sebanyak 72 kantong, 

Elisabeth Rahangiar selaku penanggung jawab UTD RSUD mengatakan jumlah tersebut hanya cukup untuk satu minggu, itupun jika tidak banyak permintaan.

Dijelaskan, 72 kantong darah tersebut terdiri dari 6 kantong golongan darah A, 29 kantong golongan darah B, 32 kantong golongan darah O, dan golongan darah AB sebanyak 5 kantong.

"Biasanya yang paling membutuhkan darah adalah ibu hamil yang akan melahirkan kemudian HB rendah dan persiapan operasi. Kemudian anak-anak yang terkena malaria serta beberapa kebutuhan lainnya seperti pasien cuci darah," ungkapnya.

Elisabeth mengungkapkan bahwa akhir-akhir ini sudah mulai banyak warga yang datang mendonorkan darahnya.

"Sudah banyak warga yang mulai sadar.  Namun jika ada satu kasus dan diposting di medsos, ada yang butuh darah, biasanya tanggapan masyarakat cepat sekali," ujarnya.

Elisabeth menjelaskan, untuk stok darah biasanya hanya bertahan sampai satu bulan. Jika disimpan lebih dari satu bulan maka kualitasnya tidak akan baik. Namun hingga kini tidak pernah ada stok darah yang bertahan sampai satu bulan karena hanya satu hari saja, stok darah bisa langsung habis.

Sementara itu untuk yang ingin mendonorkan darahnya tidak sedang hamil, usia 17 tahun ke atas, kemudian tidak bertato berlebihan, tidak sedang dalam kondisi sakit seperti malaria, HIV dan ada beberapa persyaratan lainnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada siapa yang sudah mempunyai hari yang baik untuk datang dan mendonorkan darahnya di UTD dengan sukarela. Namun saya berharap lebih banyak lagi orang yang mempunyai kepedulian untuk membantu menyumbangkan darahnya" kata Elisabeth. (Kristin)

Tinggalkan Balasan