Lion Air layani rute Manokwari-Makassar

Pesawat Lion Air jenis Boeing 737 Seri 900, saat melakukan pendaratan perdana di Bandar udara Rendani Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Maskapai Lion Air, resmi mengoperasikan satu unit pesawat jenis Boeing 737 seri 900 ER, untuk melayani rute Manokwari-Makassar dan Makassar-Manokwari (PP). Pendaratan perdana Lion Air di Bandar udara Rendani Manokwari, siang tadi pukul 13.07 WP disambut oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Papua Barat, Musa Kamudi, mewakili Gubernur Dominggus Mandacan.

Dikatakan Kamudi, melalui tambahan satu penerbangan oleh Maskapai Lion Air, tentu membantu masyarakat pengguna jasa transportasi udara di  Manokwari dan kabupaten sekitar dalam berbagai aktivitas dan kegiatan usaha.

Diapun menyambut positif, karena Manokwari sebagai ibukota Provinsi Papua Barat adalah pusat pemerintahan. Sehingga dengan dioperasikannya Lion Air, turut membantu Pemerintah setempat.

“Selain sebagai penungjang transportasi udara bagi  masyarakat umum maupun kelompok usaha, Lion Air juga mempermudah pemerintah Papua Barat dan Kabupaten Manokwari dalam berbagai urusan kedinasan di luar Papua Barat,” katanya di bandara Rendani Manokwari, Rabu (9/10/2019).

Meskipun, kata Kamudi, kondisi runway bandara Rendani Manokwari sedang dalam tahap perpanjangan disertai sarana penunjang lainnya, demi keselamatan penerbangan.

“Pemerintah Papua Barat dan Kabupaten Manokwari terus bersinergi dengan kementerian perhubungan RI untuk melengkapi sarana-prasarana bandara. Saat ini sedang dibangun area  parkir dan juga proyek perpanjangnan run way, dan semua harus tersedia untuk menujang pelayanan dan keselamatan penerbangan,” ujarnya.

Sementara, Kapten Putu Wijaya, direktur operasional Lion Air mengatakan, Manokwari dan kabupaten di sekitarnya punya potensi wisata yang fantastis, sehingga menjadi pertimbangan Maskapai Lion Air untuk menunjang perekonomian masyarakat Papua Barat melalui bandara Rendani Manokwari.

“Papua  Barat punya potensi wisata yang fantastis, atas dasar itulah maka lion air berupaya untuk menunjang perekonomian di Papua Barat melalui bandara Rendani Manokwari,” ujarnya.

Kapten Fino, pilot Lion Air mengatakan, seri 900 ER yang dikemudinya memiliki kapasitas  215 penumpang, dengan delapan kru yang terdiri dari lima pramugari dan  tiga Pilot.

“penerbangan perdana cukup bagus,  landing dengan baik di bandara Rendani Manokwari dengan jumlah penumpang 161 orang dari kapasitas 215,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk jadwal penerbangan Lion Air setiap hari,  Manokwari-Makassar (pukul 13.40 WP) dan Makassar-Manokwari (pukul 08.55.WITA). (*)

Editor: Edho Sinaga

The post Lion Air layani rute Manokwari-Makassar appeared first on JUBI.

Tinggalkan Balasan