Asrama mahasiswa Papua Kamasan VIII Tomohon terbakar

Asrama Papua Kamasan VIII Tomohon di Sulawesi Utara terbakar, Minggu (20/10/2019) – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Asrama Papua Kamasan VIII Tomohon di Sulawesi Utara, Jalan Talete II, Kelurahan Kalasei, di Tomohon tengah, terbakar, Minggu (20/10/2019).

Edison Ap, Mahasiswa di Papua yang merupakan penghuni Asrama Kamasan VIII Tomohon ketika dihubungi Jubi melalui telepon seluler mengatakan, asrama mulai terbakar sejak pukul 10.00 WITA.

“Awal api dari kamar Bovendigul nomor 18 hingga menyebar ke kamar lain, sehingga lantai atas dan bawah ikut terbakar,” katanya.

Kebakaran terjadi diduga karena seorang siswa berinisial NM yang diduga mengalami gangguan jiwa membakar sebuah kamar. Edison menuturkan pagi itu NM berjalan di halaman sambil membuang barang dari dalam asrama secara sembarang.

“Tong [kami] bilang masuk ke dalam kamar istirahat dulu. Jadi pas dia ke dalam kamar tidur, tong kira dia tidur kah tapi ternyata dia bakar kamar. Kami berusaha siram juga, api dia semakin besar, karena ada aliran listrik juga jadi, api membesar dan kita selamatkan barang-barang ke depan, Selamatkan Ijazah-ijazah yang penting-penting langsung dibawa ke bawah,” kata Edison.

Edison menuturkan, menurut cerita yang ia dengar NM sering mengalami gangguan jiwa sejak jatuh dari kelapa di kampung. “DI asrama dia sering muncul gangguan, dan bertingkah aneh-aneh mungkin karena kepala terbentur. Mungkin hari ini dia punya hari jadi [kumat] kah apa,” katanya.

Sementara Itu, Etiker Kobak mengatakan gedung dua lantai itu berbentuk huruf U terbakar dari atas hingga ke lantai dasar. Saat itu, ada sebagian mahasiswa yang berusaha memadamkan, tetapi sebagian barang-barang tidak sempat terselamatkan.

“Kami tadi ada selamatkan barang-barang seperti Ijazah dan barang penting lainnya, tetapi barang milik mahasiswa Papua yang sudah berangkat tidak sempat selamatkan. Lantai atas semua sudah habis terbakar,” kata Kobak.(*)

Editor: Angela Flassy

The post Asrama mahasiswa Papua Kamasan VIII Tomohon terbakar appeared first on JUBI.

Tinggalkan Balasan