Sukseskan PON dan Pesparawi, PMI Mimika Siapkan 100 Relawan

Ketua Harian PMI Kabupaten Mimika, Jaconis Manusiwa. (Foto: SAPA/Kristin)
SAPA (TIMIKA) – Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tahun 2020, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Mimika sudah menyiapkan 100 tenaga relawan untuk menyukseskan event besar yang diadakan di daerah ini.

Sebanyak 100 tenaga relawan tersebut sudah dilatih dengan diikutkan dalam berbagai kegiatan  yang ada di Mimika maupun luar Mimika.

“Pada dasarnya kami selalu mensupport program dari Bupati dan Wakik Bupati Mimika sehingga kami juga sudah siapkan 100 tenaga relawan,” kata Ketua Harian PMI Kabupaten Mimika, Jaconis Manusiwa kepada Salam Papua, Sabtu (9/11) di markas PMI.

Ia mengatakan PMI selalu diikutkan dalam setiap pelatihan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, RSUD maupun instansi lainnya seperti SAR. Tapi PMI sendiri juga sudah memiliki program untuk memantapkan para tenaga relawan sebelum mereka terjun langsung saat PON dan Pesparawi.

Jaconis berharap Pemkab Mimika bisa memberikan dukungan dana kepada PMI dalam mempersiapkan diri menyambut dua event besar tersebut. Dimana untuk tenaga sudah siap pakai, hanya saja perlu adanya pelatihan-pelatihan yang rutin.

“Kami punya program pelatihan baik di dalam kota dan di luar kota Timika, hanya terkendala dengan dana, sehingga kami minta nanti dalam pembahasan APBD 2020 bisa membantu kami anggara,” tuturnya.

Selain anggaran, PMI Cabang Mimika juga membutuhkan mobil ambulance. Saat ini PMI hanya memiliki satu unit ambulance namun fasilitas di dalam ambulance tidak lengkap.

“Sedangkan untuk PON dan Pesparawi kami butuhkan ambulance yang layak,” katanya.

Dikatakan, satu ambulance yang saat ini dimiliki PMI Mimika adalah sumbangan dari salah satu perusahaan penerbangan di Indonesia melalui PMI Pusat. (Kristin)

Tinggalkan Balasan