Distrik Mimika Timur Rutin Melakukan Monev Pengelolaan Dana Desa

Kepala Distrik Mimika Timur, Marike H Warinussy. (Foto : SAPA/Kristin)
SAPA (TIMIKA) - Kepala Distrik Mimika Timur, Marike H Warinussy yang ditemui di Pasar Sentral, Rabu (13/11) mengatakan penyaluran Dana Desa (DD) yang ada di 5 kampung di Distrik Mimika Timur yakni Kampung Muare, Tipuka, Poumako, Hiripau dan Kaugapu berjalan baik dan selalu rutin melakukan monitoring evaluasi (Monev) Dana Desa.

Monev dilakukan di seluruh kampung-kampung yang ada di Distrik Mimika Timur untuk mengetahui perkembangan pengelolaan dana desa yang diberikan pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk kesejahteraan masyarakat.

Monev dilakukan untuk menjawab laporan-laporan dan pertanyaan yang diberikan masyarakat kepada pihak distrik terkait adanya penyalah gunaan dana desa tersebut.

“Namun ketika kami turun apa yang kami lihat sudah sesuai dengan RKPK yang dibuat oleh kampung pengajuan itu sehingga tidak ada masalah yang terjadi di kampung-kampung. Saya turun lapangan pasti secara tiba-tiba jadi tidak ada yang tahu karena saya mau lihat betul apa yang terjadi ,jangan sampai ada yang memang disembunyikan dan ternyata tidak ada,” jelasnya.

Adapun penggunaan dana desa dari masing-masing kampung ini berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada di kampung tersebut seperti tambak ikan, kandang ayam dan lain sebagainya.

"Pengadaan ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya yang lebih kepada pengadaan fiber," Ujarnya.

Tahun ini ia mencoba meminta pendamping dan kepala kampung untuk tidak perlu mengadakan fiber. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kekosongan kampung karena dipastikan masyarakat akan memilih untuk berlayar.

“Beda dengan tahun kemarin semuanya fiber. Saya sempat sampaikan kepada masyarakat dan juga pendamping untuk kalau bisa dirubah karena ketika ada fiber dan jonson pasti mereka akan tinggalkan kampung dan kampung itu akan menjadi sepi, itu sangat memprihatinkan terlebih kepada anak-anak sekolah karena ketika orang tua pergi pasti mereka juga ikut,” kata Marike. (Kristin)

Tinggalkan Balasan