Yonif 509/Kostrad Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Warga Perbatasan RI-PNG

Personel Yonif Raider 509-Kostrad Pos Yusuf sedang memeriksa kesehatan salah satu warga di Kampung Yuruf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (12/12). (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI- PNG Yonif Raider 509/Kostrad Pos Yuruf menggelar pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kampung Yuruf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis.

Komandan Pos (Danpos) Yuruf Lettu Inf Ryan Krisna mengatakan kegiatan tersebut selain melaksanakan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, anggota Satgas berjumlah lima orang yang dipimpin oleh Serda Herwanda selaku tim kesehatan juga melaksanakan anjangsana.

"Pelayanan kesehatan ini sebagai bentuk kepedulian kami sebagai personel TNI AD yang bertugas menjaga perbatasan dan juga ingin mempererat tali silaturahmi dan tetap menjalin hubungan baik dengan warga setempat," katanya.

Pada momentum itu, kata dia, Serda Herwanda selaku tertua dari Tim Kesehatan yang datang ke rumah warga juga memberikan arahan agar selalu menjaga kesehatan dan merawat kebersihan di sekitar rumah, agar tidak mudah terserang penyakit.

Mengingat rumah mereka sendiri terlalu dekat dengan hutan sehingga banyak nyamuk yang menyerang warga Kampung Yuruf.

"Kesehatan lebih penting dari apa pun, apabila kita sakit pasti susah mau melakukan apapun, dan sehat juga lebih mahal harganya, karena itu kita semua harus menjaga kesehatan kita,” katanya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan Serda Herwanda bersama Tim kesehatan Satgas, kata dia, juga memberikan bubuk abate atau obat jentik nyamuk, agar nyamuk tidak berkembang biak di sekitar rumah mereka terutama di bak mandi.

Sementara itu Kehadiran tim kesehatan Satgas di Kampung Yuruf mendapatkan respon yang baik dari warga sekitar khususnya Ondoafi Kampung Yuruf Almos (54).

"Pelayanan kesehatan ini secara langsung telah menciptakan jalinan komunikasi yang baik antara TNI dan masyarakat, yang selama ini sudah baik dan akan menjadi lebih baik lagi," katanya. (Antara)

Tinggalkan Balasan