Demi PON, Ubah Pembagian Dana Otsus?

Gratianus Silas/Cepos
Natan Pahabol:

Natan Pahabol: Jangan Sampai Dana Otsus Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Dialihkan ke PON

JAYAPURA-PON XX tinggal dua tahun lagi, sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam tahun 2019 Pemprov Papua bakal mengkonsentrasikan dana triliunan itu untuk mensukseskan pesta olahraga empat tahunan tersebut. Bahkan termasuk penarikan kembali Dana Otsus ke Pemerintah Provinsi Papua, terlebih untuk mendorong percepatan infrastruktur dalam penyelenggaraan PON XX di Papua.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan banyak orang yang sudah bicara terkait dengan penarikan dana Otsus ke Provinsi dengan persentase-persentase yang disebutkan, terlebih untuk mendorong infrastruktur PON XX di Papua, namun, gubernur dan wakil gubernur, secara langsung atau melalui OPD terkait, belum menyurat resmi kepada DPR Papua.

“Kalau ada surat resmi kepada DPR Papua, baru kita bisa bicara. Namun, pada dasarnya, kebijakan menyangkut Otsus ini ada di gubernur, sebab, Otsus ini berlaku di provinsi, sehingga apapun yang diputuskan gubernur merupakan kebijakan gubernur,” ungkapnya.

Demikian, jika kemudian gubernur mengeluarkan kebijakan perihal persentasi pembagian Otsus, maka hal ini tentunya sudah melalui diskusi dengan para bupati-wali kota di Provinsi Papua.

“Intinya, kebijakan yang akan dikeluarkan gubernur sudah pasti melalui pembahasan dan pertimbangan, termasuk dampak dan konsekuensinya. Namun, untuk wacana ini, kami DPR Papua masih tunggu surat resmi gubernur untuk merubah kebijakan Otsus,” jelasnya.

Namun secara terpisah, Sekretaris Komisi V DPR Papua bidang Olahraga, Natan Pahabol punya pendapat yang sedikit berbeda menurutnya jangan sampai dana Otsus yang sejatinya untuk pendidikan, kesehatan juga dialihkan untuk membiayai PON XX.

Dia menyebut alokasi dana Otsus sudah jelas, yakni untuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan infrastruktur. Olehnya itu, kalau kemudian dana Otsus bidang infrastruktur digunakan untuk mendorong infrastruktur PON, maka tidak menjadi masalah.

“Namun, jangan sampai dana Otsus untuk pendidikan, kesehatan, dan ekonomi juga dialihkan ke sana (PON). Artinya, kita paham bahwa penyelenggaraan PON XX di Papua ini akan menghabiskan banyak biaya. Namun, Otsus sendiri bertujuan untuk menyejahterakan OAP,” tambah Natan Pahabol. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan