Keladi Tumbuk

SALAH satu kuliner khas Papua yang patut dicoba adalah Keladi Tumbuk. Dari namanya, sudah jelas makanan ini terbuat dari bahan dasar Keladi atau Talas.

Cara pembuatan Keladi Tumbuh cukup sederhana. Keladi direbus hingga matang dan lunak. Setelah didinginkan, keladi ditumbuk hingga halus, adonan ini dicampur kelapa parut, gula halus dan sedikit garam.  Kemudian seluruh adonan dimasukan dalam cetakan. Biasanya keladitumbuk dipotong berbentuk kotak seukuran kotak korek api. Ada juga dibentuk bulat-bulat seperti bola-bola kecil.

Makanan ini biasanya dinikmati dengan lauk ikan bakar, ikan saos, dan sayur acar, sayur kangkung bunga pepaya atau sayur rebusan lainnya, serta sambal untuk menambah rasa nikmatnya. Selain ikan, Keladi tumbuk juga bisa dinikmati bersama daging, maupun sate.

Kuliner ini sudah tersedia di beberapa warung atau restoran, terutama yang menyediakan masakan asli Papua. Harga per porsi, paket Keladi tumbuk dan lauknya, pada kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu.

Dikalangan masyarakat Papua, keladi tumbuk biasa disajikan sebagai menu tambahan di meja makan, pada acara-acara keluarga, syukuran, acara pesta adat atau acara-acara perayaan lainnya.

Keladi sendiri merupakan sumber karbohidrat dan sumber energy. Anda yang sedang mengontrol gula darah atau sedang diet dengan menghindari nasi, sajian ini cocok untuk anda. (admin ViP)

foto unggulan: Tabloidjubi.com

Tinggalkan Balasan