Akreditasi

Semua perguruan tinggi berjuang untuk meraih akreditasi A. Hal ini penting bagi setiap Fakultas di Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri. Pasalnya akreditasi ini sebagai standar dalam memenuhi kualitas dan mutu pendidikan.

Tak heran kalau Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih telah menargetkan pada 2020 sudah meraih akreditasi A. Saat ini masih berakreditasi C. Akreditasi adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan.

Mengapa akreditasi itu begitu penting ?  Karena menyangkut kredibiltas dan kualitas sebuah lembaga. Ini suatu pengakuan dari pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta maupun negeri.

Lembaga yang mengurusi masalah standarisasi tempat pendidikan formal/Perguruan Tinggi tersebut di Indonesia biasa disebut BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi).  Penilaian standarisasi akreditasi meliputi kurikulum, jumlah tenaga pendidik(dosen tetap), mahasiswa hingga sarana dan prasarana.

Bisa disimpulkan kalau memenuhi akreditasi A berarti perguruan tinggi dikategorikan bagus, bermutu, bonafide dan lain-lainnya. Bukan meremehkan akreditasi dibawahnya karena semuanya tergantung dari mahasiswa itu sendiri mau bertanggungjawab terhadap keahliannya.(*)

(DAM)

Tulisan dengan judul “Akreditasi” adalah editorial di Koran Jubi Edisi 4 Januari 2017. Editorial ini kembali dipublis oleh Redaksi Tiruupapua.com atas kesepakatan pimpinana Redaksi Tabloid Jubi dan Koran Jubi.

 

 

Tinggalkan Balasan