Kapolda Pimpin Sertijab 7 Kapolres

TIMIKA, PAPUALinknews.ComKapolda Papua,Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar, Jumat (19/01/2018) memimpin upacara serah terima jabatan tujuh Kapolres di jajaran Polda Papua di Aula Rastra Samara Polda Papuadi Jayapura.

Tujuh Kapolres yang menerima serah terima jabatan diantaranya Kapolres Jayapura Kota, Kapolres Jayapura, Kapolres Mimika, Kapolres Supiori dan Kapolres Tolikara, Kapolres Mappi, Kapolres Mamberamo Tengah.

Serah terima 7 Kapolres tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/32/I/2018 tanggal 14 Januari 2018 tentang, pemberhentian dan pengangkatan jabatan di lingkungan Polri terhadap sejumlah Perwira Menengah (Pamen) di lingkungan Polda Papua.

Selain Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, M.H juga hadir dalam upacara itu Wakapolda Papua, Kombes Pol Drs. Jakobus Marzuki didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Papua. Termasuk pejabat utama Polda Papua, para Pamen, Pama, para pengurus Bhayangkari Daerah Papua serta ASN Polda Papua.

Sejumlah Pamen yang dibebaskan dari jabatan lama dan dalam jabatan baru adalah AKBP Gustav Robby Urbinas, SH., S.Ik yang sebelumnya menjabat Kapolres Jayapura diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Jayapura Kota. Menyusul AKBP Viktor Dean Mackbon, SH., S.Ik., M.H., M.Si sebelumnya menjabat Kapolres Mimika diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Jayapura menggantikan AKBP Gustav Robby Urbinas, SH., S.Ik. Diikuti AKBP Indra Hermawan, SH., S.Ik., M.H yang menjabat Kapolres Tolikara diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Mimika.

Pamen lainnya adalah Kapolres Tolikara di isi oleh AKBP Mada Indra Laksanta, S.Ik., M.Si yang sebelumnya menjabat Advokat Madya Bidkum Polda Papua. Berikutnya Kapolres Mappi dari AKBP Wartono digantikan AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, S.Ik., M.Ik yang sebelumnya menjabat Kasubdit Bingakkum Ditlantas Polda Papua.

Kapolres Mamberamo Tengah AKBP Gustaf Sebastian Funay dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua, digantikan AKBP Deni Herdiana, SE., SH yang sebelumnya menjabat Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Papua. Kapolres Supiori dari pejabat lama AKBP Karla Yakobus digantikan dengan AKBP Sonny Marisi Nugroho, S.Ik yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Papua.

Kapolda Papua Irje Pol Boy Rafli Amar, MH dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Kapolres di masing-masing tempat tugas yang saudara akan pimpin, dengan adanya pergantian pimpinan saya mengharapkan harus ada perubahan yang sejalan dengan kebijakan dan program unggulan Polda Papua yakni “Papua Satu Bangsa,” yang diwujudkan dalam polisi sahabat sekolah, polisi sahabat pendeta, pastor dan ulama. Polisi yang mampu mendorong terwujudnya gotong royong serta polisi menjadi mitra masyarakat.

“Kita ketahui bersama bahwa, di Tahun 2018 ini banyak tugas dan tanggung jawab yang saudara akan emban. Saat ini źaat ini tahapan pilkada Tahun 208 sudah berlangsung, baik itu pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua maupun pilkada Bupati dan Wakil Bupati yang dilaksanakan oleh 7 Kabupaten. Kita semua berharap, semoga situasi yang kondusif tetap terjaga. Sehingga seluruh tahapan pilkada dapat berjalan demokratis, aman, tertib dan lancar,” kata orang nomor satu di jajaran Polda Papua itu.

Kapolda mengatakan, prestasi kerja dinilai berhasil apabila mampu menciptakan dan membuat terobosan baru serta inovasi dalam mengembangkan potensi kerja.

“Jabatan adalah amanah, semoga kepercayaan untuk mengemban amanah ini bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya. Tentu saja akan ada tantangan yang baru untuk dihadapi, melaksanakan amanah harus ikhlas karena keikhlasan mengantarkan pada kesabaran dan dengan kesabaran hati menjadi tenang,” ujarnya.

Selain itu Kapolda berpesan kepada seluruh perwira, brigadir dan ASN jajaran Polda Papua agar senantiasa memberikan dukungan kepada para Kapolres yang telah di lantik serta membangun kerjasama yang harmonis sebagaimana kerjasama yang telah ditunjukkan oleh para pejabat Kapolres yang lama.

Kapolda mengharapkan kepada ibu pengurus Bhayangkari cabang jajaran Polda Papua, “Saya mengharapkan agar selalu mendampingi suami selama melaksanakan tugasnya di jajaran Polda Papua dan saya menitipkan organisasi Bhayangkari yang ibu pimpin nanti hendaknya akan lebih baik lagi.(mrs)

Tinggalkan Balasan