Tm Kesehatan Tangani Diare-Gizi Buruk di Okbab, Papua

Metro Merauke – Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang telah mengirim tim kesehatan ke Kampung Pedam, Distrik Okbab guna menangani kasus diare dehidrasi berat dan gizi buruk yang menimpa warga setempat.

“Tim yang dikirim sudah melakukan pengobatan kepada warga,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang Jeremias Tapyor ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Senin.

Ia menjelaskan tim juga sudah memberikan vaksin kepada balita di kampung tersebut serta melakukan pendataan ulang terhadap warga yang sudah meninggal dunia, serta memberikan keterangan lainnya terkait dengan kondisi warga Kampung Pedam.

“Laporan awal yang kami terima dari tim kesehatan yang diturunkan, warga Kampung Pedam yang meninggal dunia tercatat 27 orang yang terdiri dari empat orang dewasa dan 23 orang balita,” ujar dia.

Dia menjelaskan 27 orang itu meninggal dunia karena diare dehidrasi berat dan gizi buruk.

Jeremias mengatakan tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang diturunkan bersama anggota TNI yang bertugas di Koramil 1702-01/Oksibil.

“Tim diberangkatkan ke Kampung Pedam pada Kamis, 18 Januari 2018, sekitar pukul 18.50 WIT dengan jumlah anggota tim sebanyak 12 orang,” ujar dia.

Tim diberangkatkan dengan menggunakan pesawat berbadan kecil, yakni dua pesawat pilatus milik Associated Mission Aviation (AMA).

Dia mengatakan 12 yang diturunkan ke daerah tersebut terdiri atas dua dokter, empat perawat, dua tenaga gizi dari RSUD Pegunungan Bintang, serta tiga anggota TNI dari Koramil Oksibil. (Musa Abubar)

Sumber: Antara

Tinggalkan Balasan