Waan Kembali Terendam Banjir, BPBD Merauke Kirim Bama

Metro Merauke – Sejumlah kampung di Distrik Waan, Kabupaten Merauke, Papua kembali terendam banjir, akibat air laut pasang.

Salah satu warga Waan, Edmundus Tanamuya mengatakan, daerah yang paling parah terdampak air laut pasang yakni Kampung Sabon, Kladar dan Tor.

“Warga butuh bantuan bahan makanan (bama), karena tanaman di kebun sudah terendam air laut dan membusuk. Terlebih saat seperti ini, harga barang di kios mahal, banyak warga tidak dapat membeli,” ucapnya kepada Metro Merauke, Senin (29/01).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merauke, Thiasony Betaubun mengatakan, pemerintah daerah telah menyiapkan bantuan bama, untuk memperkuat stok pangan di Distrik Waan selama banjir.

“Rencananya, kapal yang mengangkut bahan makanan malam ini bertolak dari Merauke menuju Distrik Waan,” katanya.

Menurutnya, Kapal berkapasitas 25 ton itu, memuat aneka bahan makanan di antaranya beras, air mineral, minyak goreng, biskuit, telur hingga mie instan.

“Kita kirim barang sebanyak 10 ton, mengingat ini cuaca kurang bersahabat, perlu juga memperhatikan keselamatan awak kapal menuju Waan,” ucapnya.

Katanya, nantuan bama itu, juga sebagai stok antisipasi air pasang tinggi, yang dimungkinkan masih akan terjadi jelang hari raya Imlek. Apalagi laporan yang diterima BPBD Merauke, lima kampung di Waan perlu penanganan.

“Seluruh barang bantuan yang dikirim ini, penempatannya nanti terfokus di kantor Distrik Waan. Nanti distrik yang bagi sesuai kebutuhan masyarakat,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Tinggalkan Balasan