Ini Arisan Ala Artis Indonesia, Ajang Aksi Sosial Sampai Pamer Kemewahan ?

Salah satu kelompok arisan selebritis Indonesia, Arisan Lovely Krisdayanti yang banyak di ikuti kalangan istri pejabat dan politisi Indonesia yang lebih mengutamakan aksi sosial. (Foto : tribunnews.com)

LINGKARPAPUA.COM, JAKARTA– Arisan merupakan budaya khas Indonesia, rasanya tidak ada kalangan masyarakat Indonesia yang tidak mengenal istilah “arisan”, mulai dari kelas bawah, menengah, papan atas, sampai dengan kelompok khusus.

Obyek arisan dari masing – masing kalangan juga berbeda, ada yang obyeknya uang, barang mahal, naik haji, bahkan belakangan di kalangan tertutup juga berkembang ‘arisan seks’, baik di kalangan penganut seks bebas, LGBT, bahkan juga ‘tante girang’ dan ‘om senang’.

Pada dasarnya tujuan utama arisan di semua lapisan masyarakat, adalah menyambung silaturahmi, teknisnya biasanya para anggota arisan berkumpul, menyetorkan sejumlah uang, kemudian di kocok siapa yang mendapatkan arisan, dan di lanjutkan dengan acara makan – makan, atau biasa juga di selingi dengan ceramah agama, atau promosi produk dari salah satu sponsor arisan, bahkan belakangan banyak arisan juga dijadikan sarana untuk sosialisasi politisi jelang Pilkada.

Di kalangan bawah, nuansa arisan sebagai sarana silaturahmi, medium berkumpul dan bersosialisasi masih terasa, bahkan juga bisa menjadi ajang gotong royong untuk menolong yang ‘lemah” dan yang membutuhkan pertolongan.

Namun belakangan ini trend arisan di kalangan sosialita juga makin menjadi trending topic, tentunya arisan di kalangan sosialita berbeda dengan arisan di kalangan kelas bawah, sosialita atau “social elite” bila diartikan adalah kelompok masyarakat yang berasal dari lintas profesi yang termasuk dalam kalangan atas baik secara garis keturunan, keluarga kaya ataupun memiliki strata social yang tinggi baik jabatan maupun harta kekayaannya.

Belakangan ini trend arisan juga mulai merambah kalangan artis Indonesia dan kaum sosialita lainnya yang gaya hidup glamour sudah pasti menjadi menu mereka sehari – hari, tentunya hal itu bisa menjadi symbol “kemakmuran” bangsa Indonesia, namun juga bisa bernuansa negative ketika aksi sosialita tersebut berlangsung di tengah kemelaratan jutaan bangsa Indonesia lainnya yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Seperti di lansir dari Tribunnews.com, saat ini beberapa artis papan atas juga mulai marak membentuk kelompok arisan masing – masing, dengan promotornya beberapa artis terkenal, namun pesertaanya bukan hanya dari kalangan artis, ada istri pejabat, pengusaha, wanita karier dan eksekutif muda wanita yang hidup di kota – kota besar dan daerah.

Berbeda dengan kebanyakan arisan di kalangan bawah yang kebanyakan di lakukan dari rumah ke rumah, langgar, musholla, atau masjid, arisan di kalangan sosialita ini tentunya di lakukan di hotel – hotel mewah, café dan restaurant dengan thema – thema tertentu pula.

Arisan Dollar Nagita Slavina
Salah satu arisan yang lagi jadi trending topic adalah arisan yang di motori oleh Nagita Slavina, istri artis terkaya dan termahal Indonesia saat ini, Raffi Ahmad, yang membentuk kelompok arisan, namun berbeda dengan arisan kebanyakan yang menggunakan barang atau mata uang Indonesia, Nagita Slavina mempelopori arisan menggunakan Dollar dan sempat viral di social media.

Selain melibatkan Nagita Slavina, Arisan Dollar ini juga di motori Titi Kamal, pesertanya memang tidak terlalu banyak dari kalangan artis, namun di banjiri oleh ibu – ibu sosialita dari kalangan pejabat dan pengusaha yang aktif di arisan dollar ini.

Mereka pun tampak lebih menyukai arisan dengan gayanya sendiri yakni sambil makan-makan. Meski arisan dollar ini tergolong mewah tetapi Nagita Slavina dan Titi Kamal tetap menunjukkan kesederhanaannya.

Ditengah kampanye Gerakan Cinta Rupiah yang dicanangkan pemerintah tentunya arisan dollar ini kontradiktif dan pantas menjadi sorotan banyak kalangan dan mempertanyakan “nasionalisme’ para sosialita ini kaitannya dengan kondisi rupiah yang terpuruk.

Arisan Ayu Dewi
Berbeda dengan Nagita Slavina, arisan yang di motori Ayu Dewi yang identic dengan comedian dan sosok yang kocak, Arisan Ayu Dewi juga selalu di penuhi dengan canda tawa dan nuansa kocak.

Arisan Moms millenials ini diikuti oleh Ayu Dewi dan squad seleb Moms yang beranggotakan Ashanty, Ussy Sulistiawati, Ririn Ekawati dan lainnya. Selain itu arisan yang tampak penuh kelucuan ini juga diikuti oleh beberapa istri dari tokoh negara juga seperti Diana Ruhut dan Sendy Yusuf.

Arisan Carissa Puteri
Jika arisan Ayu Dewi dan seleb Moms lainnya lebih terkesan penuh kelucuan. Arisan sosialita versi Carissa Puteri justru lebih kalem yang diikuti oleh beberapa artis cantik, seperti Luna Maya, Olla Ramlan dan Titi Kamal yang juga turut gabung di arisan kece ini.

Bahkan ini bukan satu-satunya arisan yang diikuti oleh Titi Kamal pada hari yang bersamaan dengan arisan dollar bersama Nagita Slavina.

Arisan Lovely Krisdayanti
Nuansa merah menjadi salah satu thema utama Arisan Lovely Krisdayanti bersama Farah Quin sehingga lebih elegan. Arisan yang diberi nama oleh mereka Arisan Lovely itu mengangkat tema berwarna merah.

Semua anggotanya hingga dekorasi arisannya yang khusus pun bernuansa merah dengan acara yang disusun lebih elegan. Meski tak banyak diikuti oleh sejumlah seleb tanah air, tetapi justru diikuti oleh sejumlah aktivis dan tokoh perempuan serta istri tokoh politik.

Salah satunya diikuti oleh Liliana Tanoesoedibjo yang merupakan istri dari pengusaha sekaligus tokoh politik pemilik MNC Group. Bahkan untuk acara arisan saja mereka melakukan reservasi dan menyiapkan dekor khusus.

Arisan sosialita kali ini pun lebih kepada kegiatan kemanusiaan yakni bakti sosial.

Sebagai sebuah tradisi lama di Indonesia, arisan sudah pasti ada dampak positif dan juga dampak negatifnya, dari sisi positif dengan bergabung dalam kelompok arisan bisa menjadi sarana membantu orang lain dengan kegiatan social, sarana mengembangkan bisnis anggotanya, sarana memperdalam ilmu agama atau keterampilan dan pengetahuan tertentu.

Namun kegiatan arisan juga memiliki sisi negative khususnya yang dilakukan oleh kalangan sosialita diantaranya adalah ajang pamer bawang merah, ajang pemborosan, membuang waktu, mengajarkan gaya hidup hedonisme (bermewah – mewahan), ajang hura – hura bahkan bisa terjerumus kepada ajang maksiat.

Namun tidak ada yang salah dengana risan, yang keliru adalah cara kita memanfaatkannya. Bagaimana dengan arisan yang sedang Anda ikuti saat ini, lebih banyak manfaat positifnya atau lebih banyak negatifnya ?? (***)

Penulis            : Walhamri Wahid
Sumber           : berbagai sumber

The post Ini Arisan Ala Artis Indonesia, Ajang Aksi Sosial Sampai Pamer Kemewahan ? appeared first on .

Tinggalkan Balasan