Genap Berusia 100, Tahun, Air Sumur Tua di Pulau Mansinam Dipercaya Berkhasiat

Sumur Tua di Pulau Mansinam
Sumur Tua di Pulau Mansinam
Sumur Tua di Pulau Mansinam – Puluhan masyarakat yang antri mengambil air sumur tua yang digali dua misionaris pembawa injil asal Jerman Carl William dan Goltlob Geisller (Ottow dan Geisller), yang terletak di sisi bawah Gereja Tua Lahai Roi, Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat, dipercaya sangat berkhasiat, saat HUT PI ke-163 tahun, Senin (5/2/2018) kemarin.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Sumur Tua di Pulau Mansinam.  Genap berusia 100 tahun, air sumur tua yang digali dua misionaris pembawa injil asal Jerman Carl William dan Goltlob Geisller (Ottow dan Geisller), yang terletak di sisi bawah Gereja Tua Lahai Roi, Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat, dipercaya sangat berkhasiat.

Hal ini diungkapkan, Yulianus Awom salah satu pengelola sumur tua di Mansinam saat ditemui Papuabaratoke.com, Senin (5/2/2018) kemarin.

“Walau dekat dengan laut, tapi airnya tetap sejuk dan tawar. Usia air ini tepat HUT PI ke -163, berusia 100 tahun masanya. Dan dipercaya sangat berhasiat menyembuhkan penyakit,” kata Awom.

Awom melanjutkan, kala itu, sumur ini digali pada tahun 1988 silam. Dan saat itu kedua misionaris menggali sumur itu dibantu oleh masyarakat sekitar. Cara menggalinya pun masih sangat tradisional, yakni dengan menggunakan tempurung kelapa.

Sumur tua ini memiliki kedalaman sekitar 13 meter dengan diameter lebar sekitar 3 meter. Airnya menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar sejak saat itu.

“Meminum air ini dipercaya berkhasiat bagi kesehatan. Bahkan ada yang percaya air ini bisa membuat peminumnya dikabulkan cita-citanya, jika sekedar membasuh wajah dan kepala,” akunya.

Sumur tua yang digali dua misionaris pembawa injil asal Jerman Carl William dan Goltlob Geisller (Ottow dan Geisller), yang terletak di sisi bawah Gereja Tua Lahai Roi, Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat, dipercaya sangat berkhasiat.[15:00, 2/6/2018] PBOKe PIMRED Kris. T: (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Mengenai khasiat untuk kesehatan, air sumur ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Termasuk bagi wanita yang sulit mendapatkan keturunan.

“Untuk kesehatan juga bisa, untuk ibu-ibu yang tidak bisa punya anak, setelah minum ini dia bisa hamil. Ada yang sakit apa juga sembuh, yang penting ada keyakinan, warga benar benar bisa memanfatkan air ini,” imbuh dia.

Awom menyebutkan, pihaknya tak memungut arif khusus bagi yang hendak meminum air dari sumur tersebut. Namun di depan sumur terdapat sebuah kotak kecil yang disiapkan untuk sumbangan. Sumur ini telah dipugar oleh badan pengelola Pulau Mansinam.

“Selain sudah dibeton pada sisi bagian atasnya, sumur ini juga diberikan atap dan pagar agar terpelihara dengan baik,” terangnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung

The post Genap Berusia 100, Tahun, Air Sumur Tua di Pulau Mansinam Dipercaya Berkhasiat appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan