Pileg 2019, Distrik Napua dan Wouma Digeser ke Dapil I

KPU Jayawijaya saat melakukan sosialisasi penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi pemilihan legislatif Tahun 2019 Kabupaten Jayawijaya di Kantor KPU Jayawijaya Jumat (9/2).

WAMENA–Pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 nanti, di Kabupaten Jayawijaya terjadi pergeseran daerah pemilihan (Dapil) lantaran Dapil 2 jumlah penduduknya lebih banyak dibandingkan Dapil 1 sehingga Distrik Napua dan Distrik Wouma dialihkan ke Dapil 1 sehingga menjadi 4 distrik, namun jumlah kursi DPRD masih tetap berjumlah 30 kursi.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Jayawijaya, Sarlota Nelcy M.W mengatakan, Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari provinsi, jumlah penduduk di Jayawijaya sebanyak 268.173, di mana Jayawijaya masuk dalam kategori C sesuai PKPU nomor 16 Tahun 2017, sehingga harus dilakukan pergeseran karena akan mempengaruhi jumlah kursi untuk Dapil 2 , Dapil 3 dan 4.

“Jumlah data ini kita petakan menjadi 4 Dapil, untuk Dapil I Wamena Kota dan Wesaput, namun sekarang ada pergeseran di mana Distrik Napua dan Wouma masuk ke Dapil I yang sebelumnya di Dapil II dengan alasan lebih dekat dengan Kota Wamena,”ungkapnya, Jumat (9/2) usai melakukan sosialisasi di Kantor KPU.

Selengkapnya Baca Harian Cenderawasih Pos Edisi  (10/2) (jo/tho)

Tinggalkan Balasan