KPU Jayawijaya Tetapkan 1 Calon, Biak 3 Calon

Komisioner KPU Jayawijaya saat melakukan pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya Senin (12/2) kemarin.

WAMENA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jayawijaya setelah melalui berbagai tahapan Pilkada  Bupati Jayawijaya, akhirnya menetapkan hanya satu pasangan calon yang memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada Bupati Jayawijaya, sambil menunggu hasil gugatan di PTUN Makassar.

Ketua KPU Jayawijaya Adi Wetipo  mengatakan, pasangan calon yang memenuhi syarat dalam pendafatran calon Pilkada Bupati Jayawijaya 2018 adalah pasangan John Richar Banua dan Marthen Yogobi,  sedangkan yang masih ditunggu hasil gugatan di PTUN Makssar adalah pasangan Bartolomeus Paragaye dan Ronny Elopere.

“KPU Jayawijaya telah menetapkan 1 calon yang memenuhi syarat saat ini, kami juga masih menunggu hasil gugatan di PTUN Makassar untuk pasangan lain, sehingga apapun putusannya, KPU siap untuk mengakomodir itu,”ungkapnya, Senin (12/2) kemarin.

Menurutnya, saat tahapan pendaftaran di KPU, ada empat calon, namun sebagian dari calon yang mendaftar tidak melengkapi berkas yang menjadi syarat sehingga mereka tidak lolos dan hal itu sudah disampaikan dalam kronologis pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya 2018.

“Keputusan ini disampaikan kepada pasangan calon di Wamena, pimpinan partai politik pengusung pasangan calon, Panwaslu, Parpol pengusung untk mempersiapkan kampanye politiknya,”jelasnya.

Hingga penetapan itu, kata Adi Wetipo,  salah satu pasangan calon yang oleh KPU dinyatakan tidak lolos telah mengadukan KPU Jayawijaya ke PTUN di Makassar. Yakni pasangan calon dari Bartol Parageye dan Ronny Elopere, dan sesuai informasi dari pengacara kami bahwa sidang akan dilakukan Rabu, (14/2) dan KPU tunggu proses yang sementara berlangsung.

Selengkapnya Baca di Harian Cenderawasih Pos Edisi 13/2 (jo/il/tho)

Tinggalkan Balasan