Oknum “Ichal Mokodongan” Sang Penipu Kena Batunya

TIMIKA, PAPUALinknews.Com Oknum yang diduga sebagai, Ichall Mokodongan yang melakukan aksi penipuan dengan beragam modus, yang selama ini merasa cukup sulit ditangkap aparat keamanan akhirnya terkena batu perbuatannya setelah sekian waktu berkeliaran di Kota Timika ini.

Oknum Ichall Mokodongan diringkus, Sabtu (10/03/2018) dini hari tadi, oleh pemilik mobil rental (belum diketahui identitasnyared) yang juga salah satu oknum TNI, dan langsung diserahkan ke Mapolsek Mimika Baru. Bahkan disaat yang sama, pelaku sebenarnya juga sedang dalam pencarian salah satu mantan anggota TNI juga. Ternyata Oknum Ichal Mokodongan ini diketahui, juga telah menjual mobil milik oknum TNI yang disewanya. Mobil itu dijual kepada salah satu oknum anggota TNI lainnya juga.

Oknum Ichal sendiri mengaku saat ditanyai Kapolsek Mimika Baru (Miru), AKP Friets J Erary, SE., M.Si di Mapolsek Miru. Kalau dirinya, ditangkap saat hendak keluar dari salah satu Bar di Jalan Leo Mamiri.

“Tadi pas mau keluar dari Bar baru saya ditangkap,” aku oknum Ichal Mokodongan.

Oknum penipu dengan beragam modus ini, diketahui terakhir melakukan modus penipuan dengan meminjam Kamera Nikolas, yang dipinjam juga dari pemiliknya, Iman. Namun usai meminjam, justru barang itu tak dikembalikan oknum Ichal Mokodongan hingga saat ini dan diduga sudah dijual. Ternyata benar, Oknum Ichal Mokodongan mengakui kalau Kamera itu sudah digadaikan atau dijual seharga Rp1.800.000,-

“Saya jual ke Wawan yang tinggal di belakang BRI Budi Utomo Dia kerja di Penggadaian Budi Utomo,” aku Ichal.

Kapolsek Miru, AKP Friets J Erary yang mendengar pengakuan oknum Ichal pun geram karena ternyata sudah banyak aksi penipuan yang pernah dilakukannya, selain menjual Kamera dan Mobil Rental seharga Rp.20 juta. Ada juga Kamera rekannya bernama Inggrit, salah satu pemudi Jemaat GKI Marthen Luther.

Kapolsek Erary pun meminta anggotanya mengidentifikasi barang apa saja yang sudah dijual, dari pengakuan Oknum Ichal Mokodongan dari aksi penipuannya. Rencananya, Sabtu pagi ini akan dilakukan penelusuran dan pengecekkan sejumlah barang tersebut kepada para pembelinya. Selain Kamera milik Iman yang dipinjam pelaku dengan memaksa dari Niko, korban lainnya juga seperti mantan bossnya bermarga Omaleng.”Dari Bapa Omaleng itu, Laptopnya yang saya pinjam dan jual,” aku Ichal Mokodongan.

Saat dilaporkan ke Polsek Mimika Baru dua pekan silam, Oknum Ichal Mokodongan memang cukup cerdik bersembunyi. Meski menurut beberapa orang, Ichall Mokodongan ini masih selalu dalam kerumunan kelompok-kelompok tertentu didalam Kota Timika ini. Bahkan oknum Ichall Mokodongan yang disinyalir juga bernama Rizal Mokongan itu, juga sudah pernah melakukan penipuan beberapa kali dan juga pernah diamankan Polisi. (sam)

Caption Foto : Oknum Ichal Mokodongan, pelaku penipuan dengan beragam modus dan sulit diamankan. (foto_sam wanda).

Tinggalkan Balasan