Plt Kadinkes Dogiyai Baru Jabat Satu Hari Diminta Ganti

DOGIYAI, SUARAPAPUA.com — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dogiyai, dr. Daniel Lumangkun yang baru menjabat satu hari diminta ganti oleh seluruh petugas kesehatan dari setiap unit kesehatan di Kabupaten Dogiyai. Mereka mendatangi kantor bupati kabupaten Dogiyai pada hari Rabu (14/3/2018) di Moanemani, Dogiyai, dengan satu tuntutan, segera ganti dengan pejabat lain.

Oktovianus Goo, salah satu petugas honorer di Dinas Kesehatan Kabupaten Dogiyai yang ditunjuk sebagai juru bicara, saat bertemu bupati mengatakan, “Kami semua petugas kesehatan datang untuk menyampaikan bahwa PLT kepala dinas kesehatan yang kemarin dikasih nota tugas itu harus diganti.”

Bila tidak segera diganti, tegas Goo, “Kami akan memalang pintu kantor dinas, bawa datang kunci kepada bupati dan tidak melayani pasien yang datang hingga diganti kepala dinasnya.”

Senada ditegaskan Pelipus Magai, salah satu perwakilan petugas kesehatan dari wilayah Mapia. “Kami tidak mau dengan kepala dinas kesehatan yang sekarang, karena selama dia memimpin tidak ada pembangunan,” ujar Magai.

Ditegaskan, penunjukan kepala dinas kesehatan tidak salah orang. “Biarpun bupati sudah memberikan jabatan kepala dinas, petugas protes karena dia pernah menjabat tetapi belum ada pembangunan yang dilakukan. Selain itu, kami mau melindungi orang Dogiyai yang tersisa dengan pelayanan yang baik,” tuturnya.

Sikap tegas ini menurut Goo, tentu saja disepakati oleh semua petugas kesehatan yang ada di wilayah kabupaten Dogiyai. “Kami mau melindungi manusia Dogiyai agar angka kematian tidak meningkat,” kata dia lagi.

Yakobus Dumupa, Bupati Kabupaten Dogiyai, menerima masukan dari petugas kesehatan yang datang dari setiap unit kerja.

Kata Dumupa, untuk pejabat yang menggantikan kepala dinas kesehatan, yang menentukan adalah bupati, bukan petugas kesehatan.

Bupati mengingatkan, “Kalian datang menuntut agar kepala dinas diganti, tetapi bupati juga minta kepada setiap unit kerja kesehatan agar harus menjalankan tugas sesuai bidang masing-masing.”

Pada dasarnya bupati telah mendengar aspirasi. Menyikapi itu, ia akan ambil kebijakan.

“Kamu datang karena soal kesehatan, bicara soal orang mati dan hidup, dan juga melindungi orang yang hidup. Jadi, saya terima masukan dan tunggu saya akan menggatikan kepada dinas. Tetapi, waktu dan orangnya saya tidak langsung sampaikan saat ini,” ungkap bupati Dumupa.

Sekadar diketahui, dr. Daniel diangkat menggantikan posisi Gerardus Waine. Pengangkatan dan penyerahan nota tugas kepada pimpinan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Dogiyai, Selasa (13/3/2018) lalu.

Pewarta: Agustinus Dogomo
Editor: Arnold Belau

The post Plt Kadinkes Dogiyai Baru Jabat Satu Hari Diminta Ganti appeared first on Suara Papua.

Tinggalkan Balasan