Dinas Kehutanan Papua Juara Terbaik

Pada Pemeran IndoGreen Environment dan Forestry Expo 2018 Di Samarinda

JAYAPURA (PT) – Pameran IndoGreen Environment dan Forestry Expo 2018 di Samarinda yang diikuti 34 provinsi Se-Indonesia berlansung meriah.

Pada pameran itu, Dinas Kehutanan Provinsi Papua akhirnya sukses mencapai targetnya dengan meraih gelar juara terbaik satu secara nasional.

Gelar juara yang sukses didapatkan Dinas Kehutanan Papua  tersebut tentu tidak terlepas dari kerja keras dari tim IndoGreen Kehutanan Papua yang menampilkan hasil olahan hutan bukan kayu yang ditampilkan pada Pemeran IndoGreen Environment dan Forestry Expo 2018 Di Samarinda ini.

Selain itu, stan Kehutanan Papua memang sejak pembukaan hingga penutupan cukup menarik perhatian bagi para pengunjung dan juga para juri nasional serta menjadi favorit karena selalu dipadati pengunjung untuk menikmati santapan kuliner khas lokal Papua seperti Papeda, Sagu Bakar Gula dan Keladi Tumbuk.

Kepala Dinas Kehutanan Papua, Jan Jap Ormuseray, SH, M.Si menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Tuhan atas segala penyertaanya. Sehingga perjuangan dan kerja keras dari tim IndoGreen Papua berhasil meraih gelar juara terbaik satu di Pameran IndoGreen Environment dan Forestry Expo 2018 di Samarinda.

“Jadi puji Tuhan dari semua materi yang kami tampilkan mewakili Kehutanan Provinsi Papua pada pameran IndoGreen sukses meraih gelar juara terbaik satu secara nasional dari 34 Provinsi,” ungkap Ormuseray.

Ormuseray menjelaskan, pada pameran ke 10 Kehutanan terbesar Se-Indonesia yang di ikuti oleh 34 Provinsi ini dimana pihaknya membawa masyarakat adat yang mengelola hasil hutan bukan kayu yakni melalui kelompk tani bukan hutan.

Diakuinya, tentunya prestasi terbaik satu secara nasional yang didapatkan Kehutanan Papua tidak terlepas dari kerja keras mereka yang menampilkan kuliner lokal Papua.

Selain itu, juga dari respon masyarakat di Samarinda yang begitu tinggi dan antusias mereka dengan beramai-ramai mengunjungi stand Papua di pameran tersebut.

Sehingga oleh panitia atau juri dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI memberikan juara satu terbaik secara nasional kepada Kehutanan Papua.

“Ini merupakan kebanggan bagi Papua tentunya. Pasalnya ini merupakan pemeran terbesar Kehutanan Se-Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun. Dimana tahun ini Kehutanan Papua mampu menampilkan materi yang menurut Panitia sangat baik, dengan menampilkan prodak lokal hasil hutan buka  kayu seperti Pepeda, Sagu Bakar Gula, Keladi Tumbuk dan kita juga tampilkan Noken, buah merah, madu dan prodak lokal lainnya,” kata Ormuseray.

Menurut Ormuseray, produk lokal ini merupakan hasil dari pemanfaatan bukan kayu yang merupakan kekayaan alam yang sangat luar biasa yang ada di Papua. Dimana pihaknya juga sedang berusaha untuk mengoptimalkan  pemanfaatannya dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat di Papua.

Oleh karena itu, jika pada kesempatan ini Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan Kehutanan Papua sebagai juara terbaik satu di Samarinda, maka tentu harus disyukuri dan tentu saja sebagai tantangan bagi seluruh jajaran di Papua untuk bagaimana bisa mengimplementasikan semua perencanaan kerja dan kegiatan dari Pemerintah Provinsi Papua dalam rangka  tetap menjaga kelestarian hutan tetapi juga bagaimana meningkatkan perberdayaan dan ekonomi masyarakat.

Ormuseray menambahkan, tentu saja dengan capaian prestasi ini bukan membuat pihaknya mudah puas. Tetapi akan menjadi bahan masukkan dan evaluasi kembali bagi Dinas Kehutanan Papua agar di pameren IndoGreen tahun 2019 nanti bisa kembali mempertahankan  prestasi yang ada ini.

“Pada iven pemeran ini kita lihat juga bahwa jasa lingkungan juga turut di promosikan berupa wisata alam yang mana ini juga mulai menarik perhatian dari masyarakat Indonesia khususnya yang ada di Kalimantan Timur ini untuk mereka datang ke Papua,” pungkas Ormuseray. (ist/dm)

Tinggalkan Balasan