Ditengok Jokowi, Osman Marbun Janji Jembatan Holtekamp Jadi ‘Bingkisan Natal’ Bagi Papua

Ir. Osman Marbun, MMT, Kepala BBPJN Wilayah X Papua dan Papua Barat. (Foto : Titie/ Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA— Pasca di tinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (13/4/2018) dalam lawatan kerjanya dua hari ke Provinsi Papua, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan dan Jembatan Nasional (BBPJN) Wilayah X Papua dan Papua Barat, Ir. Osman Marbun, MMT optimis target penyelesaian Jembatan Holtekamp akan sesuai waktunya dan siap di resmikan operasionalnya oleh Presiden RI Joko Widodo di akhir tahun 2018 ini juga.

“kita akan kejar semua pekerjaan hingga akhir tahun ini jembatan sudah bisa di fungsikan, kita kerjakan ini secara paralel, yang pasti dana APBN dan APBD sama, intinya sasaran pembangunan tercapai, kan ini uang negara juga semua”, kata Osman Marbun saat di temui awak media di ruang kerjanya, Jumat (14/4/2018) kemarin.

Menurut Kepala BBPJN X Wilayah Papua dan Papua Barat itu, di Tahun Anggaran 2018 ini telah di plot anggaran sebesar kurang lebih 435 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Papua Rp. 200 miliar, APBN sebesar Rp. 200 miliar, dan rencananya APBD Kota Jayapura berkontribusi sebesar Rp. 35 miliar.

“saat ini yang belum proses pekerjaan jembatan sendiri sisa 200 meter, yaitu jalan pendekat yang belum tersambung dan sedang berproses dari arah Holtekamp, nantinya akan kita lanjutkan pengecoran jalan ke arah Muaratami sepanjang 7 Km, bisa sesuai target dan kita harapkan Presiden yang akan meresmikannya”, kata Osman Marbun optimis.

Osman Marbun berharap fungsional Jembatan Holtekamp dapat menjadi hadiah natal bagi masyarakat Papua khususnya Kota Jayapura.

“Ya kita harapkan yang resmikan masih pak Presiden Jokowi, dan ditargetkan menjadi hadiah natal bagi masyarakat Papua”, kata Kepala BBPJN X Papua lagi.

Menyinggung soal nama jembatan yang beberapa waktu lalu sempat menjadi perbingan hangat, Osman mengatakan apapun nama jembatan tersebut, semuanya pasti bertujuan baik dan untuk rakyat Papua.

“apapun namanya semuanya baik, intinya kehadiran jembatan ini selain memperpendek jarak, tapi juga nantinya akan menumbuhkan potensi ekonomi dan pariwisata untuk masyarakat di Papua, jadi soal nama tinggal bagaimana diputuska  bersama,” kata Osman.

Presiden Joko Widodo dalam lawatannya ke Kota Jayapura dua hari lalu menyempatkan diri untuk menengok progress pembangunan salah satu jembatan modern di Indonesia tersebut.

Presiden Jokowi berharap kehadiran Jembatan Holtekamp yang menghubungkan Hamadi – Muara Tami dapat menumbuhkan perekonomian baru di wilayah Kota Jayapura.

“di harapkan kehadiran jembatan ini dapat menumbuhkan titik perekonomian baru di Jayapura dan sekitarnya, kata Presiden Jokowi di sela – sela kunjungan kerjanya di Jayapura, Kamis (13/4/2018) kemarin.

Dengan konstruksi bangunan jembatan yang di design modern oleh dan asli buatan Indonesia, Jokowi optimis, kehadiran Jembatan Holtekamp di Jayapura akan menjadi ikon tersendiri, bahkan menjadi potensi wisata baru di bumi Cenderawasih.

“Kita harapkan selain titik pertumbuhan ekonomi baru, kawasan disekitar jembatan ini juga akan menjadi  tempat wisata yang indah yang bisa mendatangman wisatawan, sebab jembatan ini di design oleh kita sendiri di bangun di lokasi disini dan sebagian lemgkung jembatan di PT PAL Surabaya,” katanya

Lanjutnya, Jembatan Holtekamp dalam operasional nantinya akan memperpendek jarak dari kota Jayapura menuju wilayah perbatasan Indonesia-PNG, di Skow.

“Kalau biasanya kita menempuh jarak ke Skow 2,5 jam, dengan adanya jembatan ini kita bisa hemat 1,5 jam, ya jadi hanya sejam saja kita sudah di perbatasan”, kata Presiden yakin bahwa jembatan tersebut tuntas di akhir tahun 2018 ini. (***)

Reporter              : Titie
Editor                   : Walhamri Wahid

The post Ditengok Jokowi, Osman Marbun Janji Jembatan Holtekamp Jadi ‘Bingkisan Natal’ Bagi Papua appeared first on .

Tinggalkan Balasan