Adam Arisoi: Nomor Urut 4 Tetap Ada, Cuma Dihitamkan

Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoi
SAPA (TIMIKA) – Pasca-diumumkan surat keputusan (SK) KPU Kabupaten Mimika nomor 17/HK.03.1Kpt/9109/KPU-Kab/V/2018 yang menyatakan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati 2018 nomor urut 4 Hans Magal-Abdul Muis (HAM) tidak memenuhi syarat (TMS), maka, saat ini untuk posisi nomor urut 4 dihitamkan atau kosong.

Kini tersisa lima paslon dengan nomor tidak berubah, yakni nomor urut 1 Petrus Yanwarin-Alpius Edowai (Petraled), nomor urut 2 Robertus Waraopea-Alberth Bolang (RnB), nomor urut 3 Wilhelmus Pigai-Allo Rafra  (MUSA), nomor urut 5 Maria Kotorok-Yustus Way (Marius) dan nomor urut 6 Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (Omtob).

"Tidak ada perubahan nomor urut. Nomor urut 4 tetap ada, cuma dihitamkan, dan pasangan cabup cawabup lainnya tetap menggunakan nomor urut masing-masing," kata Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoi, saat dihubungi Salam Papua dari Timika, Rabu (9/5).

Nomor urut 4 yang sebelumnya diperoleh pasangan HAM dalam tahapan Pilkada Serentak 2018 di Mimika. Berdasarkan aturan, pasangan HAM dapat mengajukan keberatan sesuai dengan mekanisme yang ada. Apabila dikabulkan, maka nomor urut 4 akan diisi kembali oleh pasangan HAM.

"Jika pasangan nomor urut 4 itu mengajukan keberatan hukum, dan hukum mengabulkan permohonannya untuk kembali menjadi cabup cawabup Mimika maka, pasangan itu akan kembali menjadi nomor urut 4," ujarnya.

Dengan demikian, kata Adam, semua tahapan Pilkada Serentak 2018 untuk Kabupaten Mimika tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Semuanya tetap harus berjalan, pasangan lain silahkan berkampanye dan HAM bisa menempuh jalur hukum. Kabupaten Mimika tetap mengikuti Pilkada serentak tanggal 27 Juni mendatang," katanya. (Salma)

Tinggalkan Balasan