Imelda Harap Pemerintah Aktif Kampanyekan Bahaya Kanker

Bahaya Kanker
Bahaya Kanker
Bahaya Kanker – Anggota DPR Provinsi Papua Barat Fraksi Gerinda, Imelda Herlin Worait, SH.(Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.comBahaya Kanker. Salah satu anggota DPR Provinsi Papua Barat fraksi Gerinda Imelda Herlin worait, SH, mengharapkan, Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui instansi teknis yakni seperti Dinas Kesehatan, BKKBN harus rutin mengkampanyekan bahaya kanker.

Dengan tujuan membudayakan masyarakat bergaya hidup sehat guna mengendalikan dan pencegahan penyakit secara merata kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat perempuan asli papua.

“Di daerah kita merupakan salah satu Provinsi yang jumlah penderita kanker serviks masih tertinggi di Indonesia. Hal ini, sungguh memprihatinkan, terlebih saat kami reses kami temui ada penderita kanker serviks yang tidak mau berobat lebih lanjut karena terkendala biaya,” ujar Imelda Worait, Sabtu (19/5/2018) siang.

Imelda menyebutkan, fakta banyak penderita kanker serviks yang ditemuinya menolak menjalani pengobatan atau menolak kembali ke rumah sakit lantaran merasa pengobatan yang dilakukan akan berakhir sia-sia.

Tak hanya itu, kata dia, mereka merasa pengobatan kanker mahal dan lebih cenderung merasa tak mau mengeluarkan uang lebih besar untuk membiayai pengobatan penyakitnya.

“Kanker ini menjadi masalah terbesar untuk wanita. Sehingga dinas terkait harus lebih selektif menyosialisasikan bahaya dan cara penanggulangan mendangkal bahaya kanker serviks ini secara rutin sebagai memberi dukungan kepada perempuan Papua Barat yang berjuang melawan kanker,” himbaunya.

Ia menyebutkan, diperkirakan sekitar 500- 600 perempuan Papua meninggal karena kanker serviks. Hal ini disebabkan karena banyak yang kurang paham mengenai bahaya dan pengobatan penyakit tersebut.

“Pencegahan dini kanker serviks dan kanker payudara sasaran kaum wanita, khususnya perempuan asli Papua harus terus digalakkan. Fenomena ini perlu mendapat perhatian khusus, karena penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan perubahan perilaku ke arah hidup sehat,” jelasnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung

The post Imelda Harap Pemerintah Aktif Kampanyekan Bahaya Kanker appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan