Biaya Pengobatan Penderita Kanker Florensina Womsiwor Tak Dijawab, Ini Penjelasan Bupati Demas

Pengobatan Penderita Kanker
Pengobatan Penderita Kanker
Pengobatan Penderita Kanker – Bupati Kabupaten Manokwari, Demas Paulus Mandacan.(Foto: Ist)
Manokwari, Papuabaratoke.comPengobatan Penderita Kanker. Bupati Kabupaten Manokwari, Demas Paulus Mandacan akhirmya menyikapi dan menjelaskan tentang disposisi 105 tertanggal 18 Mei 2018, terkait permohonan bantuan biaya rujukan berobat oleh Florensina Womsiwor ke Jayapura pasien kanker mulut.

Bupati Demas mengungkapkan alasannya kenapa disposisi itu tidak dijawab. Diantaranya, banyaknya rujukan yang tak jelas, maka ia (Bupati) hentikan semua rujukan dari pasien kepada pemda Manokwari, termasuk pasien Florensina Womsiwor yang menderita kanker mulut.

“Ada strategi khusus yang saya lakukan dan strategi itu saya tidak bisa ungkapkan sekarang, sebab itu menjadi domain antara saya dan Direktur RSUD Manokwari beserta tim dokter di RSUD,” tegas Bupati Demas melalui pesan WhatsApp kepada Papuabaratoke, Jumat (26/5/2018).

Kata Bupati Demas, pihaknya sengaja mengeluarkan disposisi tersebut dan dibuat demikian, sebab jikalau ada yang komplain, berarti benar-benar (Pasien tersrbut) dia sakit dan akan panggil direktur dan tim dokter RSUD Manokwari untuk memastikan kembali pasien tersebut.

“Setelah ada penjelasan pihak RSUD tentang pasien ini, maka saya ambil keputusan lebih lanjut. Tapi dari pihak RSUD dan dokter menjelaskan bahwa pasien itu tidak perlu dirujuk,” terangnya.

Kembali dijelaskan Demas, bahwa pasien tersebut sebenarnya tidak perlu dirujuk, namun karena pasien memaksakan untuk melakukan rujukan, bahkan diklaim adanya ancaman kepada pihak direktur dan tim dokter di RSUD, sehingga dengan sangat terpaksa RSUD mengeluarkan rujukan kepada pasien tersebut.

Pasien Kanker Mulut
Ini bukti Disposisi yang ditandantangani Bupati Manokwari, namun ditolak dan tidak menerima rujukan. (Foto: Istimewa.)

 

Baca Juga:  Fransina Womsiwor Pasien Kanker Mulut Butuh Biaya Berobat ke Jayapura

Ditanya tentang disposisi, Demas pun, membenarkan, bahwa Disposisi itu dikeluarkan oleh dirinya.

“Terkait hal ini saya sudah punya strategi khusus mengatasi masalah tersebut, dan memastikan setiap rujukan yang membutuhkan biaya dari pemda agar diteliti sebelum membantu pasien dan memastikan jangan sampe bantuan salah sasaran,” tambah Bupati Demas memperjelas.

Diberitakan sebelumnya, Fransina Womsiwor, pasien penderita kanker mulut dari Kabupaten Manokwari, membutuhkan biaya untuk dirujuk ke RSUD Dok II Jayapura, Papua.

Untuk membantu biaya pengobatan ke Jayapura, tentu pasien ini membutuhkan biaya yang tak sedikit. Pihak keluarga pasien pun berupaya memohon bantuan pengobatan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Manokwari.

Hanya saja surat permohonan bantuan tertanggal 18 Mei 2018 yang direspon dan ditanda tangani Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan tersebut, ditolak di bagian keuangan.

Berdasarkan bukti nomor surat 105 tertanggal 18 Mei 2018 tidak bisa dijawab, atas ketidak pastian itu, maka pasien saat ini mengalami kendala biaya ke Jayapura.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung

The post Biaya Pengobatan Penderita Kanker Florensina Womsiwor Tak Dijawab, Ini Penjelasan Bupati Demas appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan