Apess..! Ini Penyebab Kepala KSOP Manokwari Terjaring OTT

Kepala KSOP Manokwari Terjaring OTT
Kepala KSOP Manokwari Terjaring OTT
Kepala KSOP Manokwari Terjaring OTT – Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Indro Rizkiadi saat menunjukan BB dan membeberkan kronologi OTT saber pungli yang menyeret Kepala KSOP Manokwari inisial IAH, Selasa (26/6/2018). (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.comKepala KSOP Manokwari Terjaring OTT.  Tertangkapnya Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Manokwari (IAH) alias Ivan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) tim sapu bersih pungutan liar (Saber pungli) Kabupaten Manokwari, menambah daftar panjang bahwa praktek culas oleh oknum di dunia pelayaran masih saja terjadi.

Kepala KSOP Manokwari Terjaring OTT.   Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi melalui Kasat reskrim, AKP Indro Rizkiadi mengatakan, terjaringnya kepala KSOP Manokwari tersebut dalam OTT, setelah pihaknya mendapatkan laporan bahwa praktik culas tersebut terus berlangsung.

Tak butuh waktu lama, tim saber pungli mendalami sejauh mana keterlibatan para oknum ASN di jajaran KSOP Manokwari kerap melakukan aksi memanipulasi setiap harga perijinan berlayar dan juga beberapa unsur lainnya seputar kesyahbandaraan perhubungan laut Manokwari.

“Ini catatan bagi kami sendiri tim penyidik. Sebab bermula dari suap menyuap pada pengurusan surat persetujuan berlayar (SPB) Kapal, kami penyidik akan mendalami pola atau modus yang dimainkan dalam pembiayaan pengurusan pembuatan ijin berlayar ini,” ucap Rizkiadi.

Ia pun mengapresiasi kerjasama tim penyidik yang berhasil mengungkap paraktek pungli ini yang dengan cepat merespon dan melakukan pengembangan atas laporan masyarakat berinsial M yang sekaligus menjadi korban pungli tersebut.

Rizkiadi membeberkan, ironisnya, IAH ditangkap di rumah dinasnya di daerah Reremi di Kompleks Perumahan Perhubungan, 14 Juni lalu, sekira pukul 10.30 WIT.

“Kita berhasil mengamankan tersangka berserta barang bukti berupa uang tunai senilai Rp 35,5 juta dan satu buah handphone,” bebernya.

Saat ini kata dia, tersangka bersama barang bukti diamankan di Mapolres Manokwari, untuk menjalani penyelidikan lebih lanjut.

Penyidikpun terus melakukan pengembangan dan mendalami secara detail proses perijinan pelayaran di KSOP Manokwari. Dan penyidik saber pungli juga menjadwalkan untuk bertolak ke Surabaya, tempat asal perusahaan yang hendak mengurus Surat Persetujuan Berlayar (SPB) untuk KM KY 02, milik salah satu perusahaan berlayar bongkar muat dari seorang saksi M.

“Sejak laporan masyarakat itu, mulai kita buntuti, alhasil tersangka berhasil ditangkap tangan di Jalan Reremi Perumahan Syahbandar Perhubungan Manokwari. Dan berdasarkan keterangan tersangka, kami akan bertolak ke Surabaya untuk melengkapi catatan administrasi sebagai penguatan Barang Bukti (BB). Sebab kita telah layangkan SPDP ke pihak Kejari Manokwari, dan secepatnya kita tahap I,” pungkas Rizkiadi.

Penulis : Adrian kairupan
Editor : Kris Tanjung

The post Apess..! Ini Penyebab Kepala KSOP Manokwari Terjaring OTT appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan