Tiap Tahun Siswa Baru Membludak Kejar Sekolah Favorit, Pemda Manokwari Diminta Cari Solusi

Tiap Tahun Siswa Baru Membludak
Tiap Tahun Siswa Baru Membludak
Tiap Tahun Siswa Baru Membludak – Zul Fitra Wassahua, S.S, selaku Sekretaris Umum Yayasan Peduli Masyarakat Papua di Manokwari, Provinsi Papua Barat. (Foto : Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.comTiap Tahun Siswa Baru Membludak.  Antusias para calon siswa baru yang mendaftar masuk SMP dan SMA di Kota Manokwari tiap tahunnya meningkat, terlebih pada beberapa sekolah yang difavoritkan.

Tiap Tahun Siswa Baru Membludak.  Tentu hal ini menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah daerah (Pemda) dalam hal ini dinas terkait untuk mencari solusi yang tepat saat pembagian rayon. Yakni tentunya tak serta merta membatasi alias mengorbankan para calon siswa yang juga mengingkan ikut masuk sekolah favoritnya.

“Saya pun melihat hal ini sebagai hal yang wajar dimana dengan dukungan dari orangtua, sang anak pastinya ingin agar bisa masuk ke salah satu sekolah yang dinginkan. Kenapa demikian? Sampai saat ini saya menilai belum nampak ada sekolah-sekolah swasta yang bisa dijadikan tandingan bagi sekolah-sekolah negeri yang difavoritkan di kota ini,” tutur Sekretaris Yayasan Peduli Masyarakat Papua, Zul Fitra Wassahua melalui siaran pers, Senin (2/7/2018).

“Pengalaman saya saat masih di Nabire ada dua sekolah swasta yang bisa dikatakan menjadi tandingan sekolah negeri. Dan saat itu sebut saja SMP St. Antonius dan SMA Adiluhur,” sambungnya.

Untuk itu, kata Zul Fitra, kondisi ini semestinya menjadi perhatian pemda agar mengeluarkan kebijakan yang mampu memeratakan Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga pengajar terbaik pada setiap sekolah yang ada di Manokwari.

Baca Juga:  Pendafataran Siswa Siswi Baru Di SMA 1 Membludak

“Jangan semua SDM pengajar yang kualitas keilmuannya sangat mumpuni justru semua ditugaskan di sekolah-sekolah negeri yang difavoritkan. Kita jangan lupa bahwa memperoleh pendidikan terbaik adalah hak asasi setiap manusia sehingga dengan melakukan pembatasan sekolah yang harus dituju berdasarkan rayon terkesan kurang tepat,” imbuh dia.

Karenanya, selaku sekretaris Yayasan Peduli Masyarakat Papua yang juga pernah menjadi staf pengajar pada salah satu SMA swasta di kota ini, mengharapkan pemda ke depannya lebih kerja keras lagi untuk melakukan pemerataan SDM pengajar.

“Selain itu fasilitas penunjang belajar pada setiap sekolah yang ada di kota ini perlu ditingkatkan sehingga tidak terjadi kelebihan daya tampung tiap tahunnya pada sekolah-sekolah favorit,” pungkas Zul Fitra.

Penulis : Kris Tanjung

The post Tiap Tahun Siswa Baru Membludak Kejar Sekolah Favorit, Pemda Manokwari Diminta Cari Solusi appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan