DPRD Merauke Minta Dana Otsus Tidak Untuk Pembangunan Fisik Lagi

Metro Merauke – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Moses Kaibu meminta agar dana otonomi khusus (Otsus), tidak digunakan lagi untuk pembangunan fisik.

Permintaan itu disampaikan Moses kepada sejumlah wartawan Senin (9/7). Dikatakan, jika selama ini pemerintah lebih fokus menggunakan dana otsus untuk infrastrukur, maka dari sekarang harus dialihkan.

“Lebih baik dana tersebut digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) orang asli Papua baik dalam bidang pendidikan maupun kesehatan,” pintanya.

“Jika bangunan fisik lebih diprioritaskan, sudah tentu banyak tidak digunakan. Karena SDM belum disiapkan secara matang,” katanya.

Menyangkut aksi demonstrasi yang dilakukan ratusan mahasiswa beberapa hari lalu, Moses mengatakan, pihaknya sangat memberikan dukungan.

“Saya kira itu langkah tepat dilakukan dan mestinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke  bersikap jujur dalam pengelolaan dana Otsus selama ini,” pinta Moses.

Namun demikian, jelas dia, ketika dana bantuan studi maupun beasiswa diberikan, mestinya digunakan dengan baik oleh mahasiswa-mahasiswi di kota studi masing-masing.
“Pernah ada informasi yang saya terima kalau ada beberapa mahasiswa menerima dana, justru digunakan membeli minuman keras. Kedepan agar tak boleh terjadi lagi,” katanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan