Lokabhara II Resmi Dibuka

Direktur Pembinaan Masyarakat, Kombes Pol H. Andi Heru Santo,SST,MK membuka resmi Lomba Pramuka Saka Bhayangkara ke II Tahun 2018 se-Polres Papua di Kabupaten Mimika, Senin (9/7). 

SAPA (TIMIKA) – Polda Papua melalui Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas), Kombes Pol H. Andi Heru Santo,SST,MK membuka secara resmi Lomba Pramuka Saka Bhayangkara (Lokabhara) ke II Tahun 2018 se-Polres Papua di Kabupaten Mimika, Senin (9/7).

Kegiatan ini mengambil tema, semangat Lokabhara Daerah Papua, kita tolak radikalisme dan berita hoax serta siap mensukseskan Asian Games 2018.

Amanat Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar yang dibacakan Dir Binmas Polda Papua, Kombes  Pol H. Andi Heru Santo mengatakan, semakin mudahnya mengakses informasi melalui internet merupakan tantangan tersendiri. Banyak yang bermanfaat dan banyak juga yang tidak bermanfaat atau berita hoax.

“Kita harapkan masyarakat lebih bijaksana dalam menggunakan media social. Jangan menyebarkan berita yang tidak dapat di pertanggung jawabkan,” katanya.

Menurutnya, paham-paham radikalisme dengan gampangnya dibaca oleh generasi muda dan apabila tidak dapat memilahnya maka radikalisme akan tumbu subur di Indonesia.

Satuan karya Pramuka Bhayangkara merupakan pramuka penegak yang mempunyai potensi sebagai agen, untuk menyaring isu-isu radikalisme serta dapat menyebarkan pengaruh positif kepada masyarakat. Sehingga keberadaan saka Bhayangkara di tengah masyarakat di harapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata.

“Saka bhayangkara yang ada saat ini dapat mengcounter dan menyaring isu-isu radikalisme. Ini bagian saka untuk memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat dan negera,” ujarnya.

Untuk dapat meningkatkan pembinaan pramuka saka Bhanyangkara di Polda Papua, kata kombes Andi, pengurus  dan jajarannya dapat merumuskan  kebijakan umum dalam pembinaan dan pengembangan saka bhayangkara daerah.

Saka bhayangkara daerah dapat dilaksanakan dengan baik serta mendukung keberhasilan Polri dalam melaksanakan pembinaan satuan karya bhayangkara secara berjenjang sesuai tingkatanya.

“Kita harapkan ini bagian untuk mendukung kebijakan pimpinan  Polri dalam pelaksanaan promoter dan dapat bekerjasama membantu Polri dalam memelihara kamtibmas,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini jenis lomba yang dilombakan dalam di Lokabhara Papua II yakni, lomba krida Tibmas,  lomba krida lantas, lomba krida penanggulangan bencana, lomba cerdas cermat kepramukaan dan kebhanyangkaraan, lomba pidato dan lom yel-yel, dan lomba tarian daerah masing-masing. Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari terhitung, tanggal 9-13 Juli 2018.  (Tomy)

Tinggalkan Balasan