Sambangi Kantor MRPB dan DPR-PB, Puluhan Warga Desak Pemda Tinjau Kembali Amdal Perluasan Bandara Rendani

Amdal Perluasan Bandara Rendani
Amdal Perluasan Bandara Rendani
Amdal Perluasan Bandara Rendani – Puluhan Warga Rendani Manokwari kembali mendatangi kantor Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) dan DPR-PB, Selasa (10/7/2018) siang. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.comAmdal Perluasan Bandara Rendani.  Puluhan Warga Rendani Manokwari kembali mendatangi kantor Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) dan DPR-PB, Selasa (10/7/2018) siang.

Amdal Perluasan Bandara Rendani.  Kedatangan puluhan warga kali ini, mencari keadilan atas dampak pembangunan target perluasan bandar udara (Bandara) Rendani, Manokwari yang seyogianya telah mulai dilaksanakan sesuai dengan program kebijakan daerah.

Niko Manufandu selaku Korlap aksi damai warga Rendani tersebut mengemukakan, para warga setempat kompak sangat menyayangkan sikap dan kebijakan daerah yang disinyalir tak seimbang dengan kondisi pembangunan di lapangan.

Hal ini seperti, kata dia, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui instansi teknis terkait dituding tak secara detail dalam proses tahapan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan kehidupan sosial masyarakat yang telah hidup berpuluh tahun di sekitar kawasan Bandara Rendani Manokwari.

“Kami warga Rendani hanya minta keadilan. Kami mendukung program pemerintah terkait perluasan bandara. Tapi sesuai unsur konsultasi publik tersebut kami anggap bentuk sosialisasi dan konsolidasi terhadap penetapan dokumen amdal tidak sesuai dengan arah kehidupan sosial masyarakat. Sebab mereka tidak melakukan pendataan kembali bersama kami sebagai masyarakat,” cetusnya.

“Dan jika kini telah ada pembangunan yang telah dilelang dan dikerjakan, dimana konsekuensi jika amdal itu tidak ada dan tersosialisasikan, sementara itu amdal adalah dokumen publik,” tambah dia.

Sementara Imanuel Yenu, SE Ketua Komisi C, Fraksi Demokrat DPR-PB yang menerima para warga Rendani di halaman DPR-PB mengungkapkan, sangat menghargai dan mengapresiasi atas sikap demokratis para warga.

Terkait itu, sebut dia, DPR-PB akan mengambil langkah, khususnya komisi C akan melanjutkan hal ini dalam forum sidang pembahasan bersama unsur pimpinan dan Pemda dan Gubernur PB.

“Intinya kita tidak mau berburuk sangka, dan juga berpikiran yang tidak mungkin menyusahkan rakyat. Kehadiran dan Pemerintah Provinsi serta unsur pimpinan daerah pasti punya solusi yang terbaik. Dari hal ini akan kami terus kawal agar pada dasarnya ada solusi terbaik bagi masyarakat,” tuturnya.

Amdal Perluasan Bandara Rendani
Amdal Perluasan Bandara Rendani – Puluhan Warga Rendani Manokwari kembali mendatangi kantor Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) dan DPR-PB, Selasa (10/7/2018) siang. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

 

Baca Juga:  Perluasan Bandara Rendani Mendesak, Masyarakat Diminta Dukung Penuh Pemda

Adapun poin-poin pernyataan sikap warga Rendani Manokwari yang terkena dampak penggusuran terkait pengembangan Bandara Rendani saat kepada DPR-PB agar dapat ditindaklanjuti ke pemerintah Kabupaten Manokwari antara lain.

Meminta DPR-PB sebagai wakil rakyat yang menyampaikan kepada pemerintah kabupaten Manokwari dalam hal ini Bupati Manokwari agar meninjau kembali dengan bijaksana dan arif terkait persoalan Relokasi warga Rendani yang terkena dampak pembangunan pengembangan pelebaran Bandara Rendani yang terkesan tak transparan.

Kemudian, meminta DPR-PB sebagai wakil rakyat untuk menyampaikan kepada pemerintah kabupaten Manokwari meninjau kembali pemberian dana kompensasi yang tak sesuai dengan kebutuhan kelayakan hidup masa kini.

Selanjutnya, meminta DPR-PB sebagai wakil rakyat agar menyampaikan kepada pemerintah Kabupaten Manokwari segera mendata ulang jumlah jiwa dan jumlah KK yang terkena dampak penggusuran tersebut.

Dan terakhir, berharap DPR-PB sebagai wakil rakyat agar segera membantu menyelesaikan masalah perumahan Dinas milik PT. Telkom dan Perhubungan yang telah di DUM bagi Warga Rendani.

Dimana legalitas dari rumah tersebut belum diketahui keabsahannya karena tak ada keterangan yang jelas dari instansi yang berwenang dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manokwari.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung

The post Sambangi Kantor MRPB dan DPR-PB, Puluhan Warga Desak Pemda Tinjau Kembali Amdal Perluasan Bandara Rendani appeared first on PapuaBaratOKe.Com.

Tinggalkan Balasan